Isu Job Fair, Begini Respon Ketua Komisi IV DPRD Samarinda



Samarinda, Prediksi.co.id- Kegiatan Job Fair tengah digodok Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Samarinda. Kegiatan ini bertujuan memberi kesempatan kepada para pencari kerja untuk bergabung dalam setiap bidang karir yang ditawarkan.


Namun belakangan ini terdapat isu tidak sedap yang berkaitan dengan penyelenggaraan job fair. Di mana banyak spekulasi yang mengatakan bahwa bursa kerja ini hanya mencari cara agar perusahaan atau produk yang dihasilkan perusahaan tersebut lebih dikenal masyarakat.


Merespon hal itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Samarinda Sri Puji Astuti mengungkapkan bahwa dirinya melihat ke kedua sisi. Ia juga mendengar hal serupa di lapangan. Namun ia menjelaskan bahwa perusahaan tidak semerta-merta membuat sebuah posisi kosong tanpa alasan dalam job fair.


Pelamar yang hadir kala itu, Puji menyampaikan tidak sesuai dengan kualifikasi atau tidak kompeten di bidang yang diperlukan oleh perusahaan. Terkadang banyak dari pelamar yang tidak memiliki kemampuan sama sekali di bidang yang ia lamar, tetapi nekat ingin mengisi posisi itu yang boleh jadi berbahaya bagi seseorang tanpa pengalaman.


"Itu memang benar karena job fair itu perusahaan-perusahaan itu memperkenalkan perusahaan dan bidang-bidangnya. Mereka juga membutuhkan beberapa orang-orang yang sesuai dan itu yang kita tidak bisa siapkan karena itu tadi terkendala pengalaman, durasinya, terkendala kompetensi sertifikasi dan terkendala keinginan pekerja sendiri," sebutnya, Jumat (21/6/2024).


Menurut Puji, kualifikasi dan kompetensi calon karyawan tersebut memang tidak dapat diubah-ubah sesuai keinginan. Dikarenakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan dari bidang itu sendiri, sehingga ia meminta para pencari kerja dapat menyiapkan diri lebih dari sekedar pemberkasan semata.


"Jadu bukan salahnya perusahaan, jadi ini kesalahan kita bersama. Kita yang harus bisa untuk lebih menyiapkan diri, bukan saja berkas, tapi apa yang bisa diberikan ke perusahaan atau posisi yang kita mau ini butuhnya kualifikasi seperti apa sih. Itu yang luput kadang," tandasnya. (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama