Maksimalkan Pembangunan Tenaga Kerja, Disnaker Perlu Perhatian Sinergitasnya

Samarinda, Prediksi.co.id- Perlunya perhatian serius terhadap beberapa aspek krusial untuk pembangunan tenaga kerja di Samarinda.


Hal itu disampaikan Ketua Komisi IV DPRD Samarinda, Sri Puji Astuti. Ia mengatakan sinergitas Dinas Ketenagakerjaan (Disnaker) Samarinda perlu diperhatikan dalam rangkan merealisasikan anggaran murni tahun 2024. 


Pasalnya realisasi anggaran tahun 2024 Disnaker Samarinda diminta untuk memastikan progres dan realisasi anggaran tahun 2024 berjalan sesuai rencana. Hambatan yang mungkin muncul, seperti regulasi yang tidak lengkap dan alokasi dana yang terbatas, harus segera diatasi.


“Ada kebutuhan untuk membahas usulan prioritas untuk tahun 2025, termasuk program-program yang mendukung pembangunan di Ibu Kota Negara (IKN),” ujarnya pada Jumat (21/6/2024).


Puji menekankan pentingnya mengarahkan tenaga kerja dari Samarinda untuk berpartisipasi dalam proyek IKN dengan konsekuensi yang harus dipersiapkan, seperti lembaga sertifikasi dan pelatihan.


Pelatihan tenaga kerja dan sertifikasi di Samarinda masih minim, terutama yang didanai oleh APBD. Selama ini, pelatihan lebih banyak bekerja sama dengan balai latihan di luar kota. Perlu adanya inovasi dalam menggunakan dana dekonsentrasi dari APBD provinsi untuk meningkatkan pelatihan dan sertifikasi.


“Upaya mengurangi pengangguran terbuka, terutama bagi lulusan SMA, SMK, dan perguruan tinggi yang belum bekerja, harus ditingkatkan. Pemerintah Kota perlu lebih konsisten dalam mengadakan job fair dengan dukungan dana APBD dan perusahaan,”tambahnya (Adv/Di/Le)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama