Pemkab Kukar Segera Salurkan Bantuan UMKM di Kutai Kartanegara

Foto: Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin (Dok).

Kukar, Prediksi.co.id- Wakil Bupati Kutai Kartanegara (Kukar), Rendi Solihin,  kembali bertemu dengan masyarakat di Kelurahan Handil Baru, Kecamatan Samboja. Dalam kunjungan ini, Rendi Solihin berdialog dan bersilaturahmi dengan warga, yang mayoritas adalah pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Dialog ini menjadi sarana bagi Rendi Solihin untuk mendengarkan langsung masukan, keluhan, bahkan kritik dari masyarakat. Ia juga mengumumkan penyaluran berbagai jenis bantuan untuk mendukung usaha masyarakat. Bantuan tersebut berupa peralatan yang diperlukan untuk mengembangkan usaha mereka.

Bantuan yang akan disalurkan mencakup 317 unit freezer, 100 unit hand sealer, 100 unit kompor gas, 100 panci dandang, 25 spinner, dan 100 unit timbangan. Bantuan ini akan diserahkan kepada masyarakat di tiga kecamatan, yaitu Kecamatan Muara Jawa, Kecamatan Samboja, dan Kecamatan Sanga-Sanga.

"Ini efeknya sangat baik. Ibu-ibu membantu perekonomian keluarganya dengan berbagai cara, seperti mengolah hasil tani maupun mengolah hasil perikanan," kata Rendi. Ia juga mengimbau jika ada tetangga atau saudara yang juga pelaku UMKM dan belum menerima bantuan, segera melapor ke camat atau instansi terkait agar dapat memperoleh bantuan.

Selain bantuan berupa peralatan, Pemkab Kukar telah mengalokasikan anggaran untuk memberikan modal usaha kepada masyarakat melalui Program Kredit Kukar Idaman. Program ini bekerja sama dengan Bankalimtara sebagai penyalur dana ke masyarakat. Program ini menawarkan manfaat berupa modal usaha yang dapat dicicil tanpa bunga.

Meski demikian, Rendi mengakui bahwa program ini belum berjalan maksimal karena masih banyak pelaku UMKM yang belum memanfaatkannya. "Dari 55 ribu pelaku UMKM, baru 20 persen yang mengurus bantuan Kredit Kukar Idaman. Jadi, kami harap di 2024 ini bisa naik empat kali lipat yang memanfaatkan program tersebut," ungkap Rendi.

Erni, salah satu pelaku UMKM, merasa sangat bersyukur atas perhatian dari Pemkab Kukar. Menurutnya, bantuan tersebut sangat bermanfaat bagi pelaku UMKM yang baru merintis usaha seperti dirinya. "Tentu harapan kami bantuan ini bisa membuat usaha semakin berkembang," ujarnya. Erni juga menyambut baik berbagai kemudahan dari Pemkab Kukar untuk membantu masyarakat, termasuk Program Kredit Kukar Idaman. "Terus terang saya belum pernah urus (Kredit Kukar Idaman). Ya, rencananya akan mengurus," tambahnya.

Dengan berbagai langkah ini, Pemkab Kukar berharap dapat mendorong pertumbuhan ekonomi lokal dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pemberdayaan UMKM. Bantuan yang disalurkan dan program-program pendukung diharapkan dapat memberikan dampak positif yang signifikan bagi pelaku UMKM di wilayah Kutai Kartanegara. (Adv/Di/Le).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama