Launching Proper LOBIKU, Akselerasi Pelayanan Terpadu dan Terintegrasi

Kukar, Prediksi.co.id- Bupati Kukar Edi Damansyah resmikan Launching Proper LOBIKU secara online, Kamis (20/10/22), kegiatan tersebut digelar secara offline di lantai  1 Kantor Diskominfo Kukar, Jalan Pahlawan 1 Kawasan Bukit Biru, Tenggarong.

Kepala Dinas Kominfo Kukar Dafip Haryanto menerangkan LOBIKU merupakan proper untuk Diklatpim II yang saat ini sedang ditempuh.

LOBIKU berangkat dari keresahan kondisi obyektif dari banyaknya aplikasi pada OPD yang tidak bisa terintegrasi dan tidak memenuhi syarat bisa dibagipakaikan (interoperabilitas).

Untuk itulah LOBIKU hadir dalam upaya percepatan pelayanan terpadu dan terintegrasi. 

Rencanapun telah disusun dalam 3 termin. Untuk tujuan jangka pendek adalah terwujudnya fasilitasi integrasi, interoperabilitas antar sistem layanan elektronik OPD. 

Selanjutnya, tujuan jangka menengah adalah tercapai dan terpenuhinya nilai indeks SPBE yang berkualitas. 

Sedangkan untuk tujuan jangka panjang adalah terwujudnya good governance yang berkualitas dan terpercaya. 

“Di Bandung Provinsi Jabar namanya Jabar Digital Service. Mungkin arahnya hampir sama, untuk membantu mengakselerasi proses implementasi, juga untuk mewujudkan kemudahan pelayanan publik di masyarakat,” ujarnya. 

Kedepan pekerjaan Diskominfo Kukar akan mengimplementasikan hasil proper tersebut ke kecamatan hingga ke desa.

“Ini tantangannya, malah ada sebagian desa yang belum kita sentuh, tapi sudah mengimplimentasikannya. Kita sudah juga bertemu dengan DPMD yang menyampaikan permintaan Bupati Kukar dalam implementasi Siskudes secara online pada tahun 2023,” jelasnya. 

“Persiapan internetnya sudah kita lakukan, selanjutnya dilakukan digitalisasi pelayanan hingga tingkat desa. Integrasi aplikasi di Kukar akan kita lakukan dalam waktu dekat. Kami lakukan di OPD dahulu sebagai bagian pelaksanaan program Smart City dan Smart Governance,” sambungnya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama