Pemkab Kukar Berkomitmen Tuntaskan Blankspot Area, Wujudkan Smart City

Kukar, Prediksi.co.id- Kemudahan tekhnologi dan informasi sangat terasa, apalagi saat pandemi melanda, dari sekolah hingga bekerja semua beralih ke aktifitas online, namun di beberapa daerah di Kutai Kartanegara masih ada yang tak bisa diakses internet atau blankspot area.

Pemerintah Kabupaten Kukar berkomitmen untuk menuntaskan hal ini, Bupati Edi Damansyah berharap agar blankspot area yang tersisa di Kukar untuk segera teratasi agar cahaya dari Smart City di Kukar dapat terwujud.

Kepala Diskominfo Kukar Dafip Haryanto menjelaskan mengenai Blank Spot, ialah sebuah kondisi di mana suatu tempat yang tidak terjangkau atau tidak terlingkupi oleh sinyal komunikasi baik untuk komunikasi analog seperti jaringan telepon atau komunikasi digital seperti jaringan internet.

Hal ini dikemukakannya saat menghadiri  Rapat Kordinasi (Rakor) SPBE di Hotel Mercure Samarinda pada hari Rabu (11/10/22) yang diselenggarakan Diskominfo Kukar dengan undangan seluruh OPD di Kukar.

Dafip menguraikan blankspot area di Kabupaten Kukar hingga saat ini ada di 5 kecamatan.  Di Kecamatan Tabang ada 9 desa yakni Desa Muara Tuboq, Muara Kebaq, Muara salung, Muara Tiq, Muara Belinau, Buluksen, Umaq Dian, Umaq Tukung, dan Long Lalang.

"Selanjutnya ada di Kecamatan Kembang Janggut terdapat 1 desa,  yakni Desa Long Beleh Modang (Muara Penoon),"jelasnya.

Ada lagi di Kecamatan Muara Muntai ada 3 Desa yakni Desa Batuq, Muara Aloh, dan  Tanjung Batuq Harapan.

Kecamatan Kota Bangun ada 5 desa  yakni Desa Sebelimbingan, Muhuruan, Benua Baru, Wonosari Rimba Ayu 7, dan Suka Bumi.

Kecamatan Muara Badak ada 1 desa yakni Desa Sello Cella, kemudian ada Kecamatan Tenggarong ada 1 desa yakni Desa Bendang Raya.

Pada 2022, telah tersambung 5 desa. Sedangkan sisanya akan diatasi dengan program Kementerian Komininfo RI sebanyak 10 desa. Sedangkan yang dalam penanganan Diskominfo Kukar sebanyak 8 desa.

"Infrastruktur jaringan sangat dibutuhkan demi kelancaran akses internet, Diskominfo Kukar telah menjalin kerjasama dengan provider penyedia layanan internet untuk menangani hal tersebut,"terangnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama