Pulau Kumala Berbenah Diri, Dispar: Potensi Besar Naikkan PAD Kukar



Kukar, Prediksi.co.id- Belum ke Tenggarong kalau belum ke Pulau Kumala, destinasi utama di Kabupaten Kukar ini telah dibuka kembali sejak September lalu. Walupun sempat tutup akibat pandemi Covid-19 selama dua tahun, Pulau Kumala Kembali berbebah diri.

Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar sebagai pengelola memberikan perhatian khusus dalam kenyamanan wisatawan, terutama pada fasilitas di Pulau Kumala secara keseluruhan. Kabid Destinasi Wisata Dinas Pariwisata (Dispar) Kukar, Ridha Fatrianta menerangkan dalam waktu dekat akan melakukan revitalisasi di zona tengah Pulau Kumala.

“Ini lagi berjalan dan dalam proses menyusun. Mungkin selesai di Desember, kegiatannya adalah menyusun proses DED untuk perbaikan drainase dan penambahan beberapa wahana baru,” ungkap Ridha saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (4/10).

Pulau Kumala dengan magnetya menggaet wisatawan berpotensi besar  dalam peningkatan Pendapatan Asli Daerah (PAD. Pada September lalu, penghasilan objek wisata tersebut mendapat Rp 70.051.000. Melihat momentum ini, Ridha pastikan Pemkab Kukar berbenah, semua terencana baik secara jangka pendek, menengah dan panjang dalam memberi kenyamanan bagi wisatawan.

“Saat ini perbaikan drainase menjadi perhatian pertama. Kemudian dilanjut dengan penambahan wahana baru seperti wahana air, area mural, spot selfie, taman dan pembenahan dermaga untuk foto-foto,” jelasnya.

Di usianya yang memasuki 20 tahun, Ridha menjelaskan, Pemkab Kukar berkomitmen memberikan pemeliharaan rutin, tentu demi kenyamanan pengunjung seperti pembenahan fasilitas umum seperti drainase dan air yang tidak berfungsi normal, menjadi perhatian dan pengerjaan utama.

“Bagusnya setiap tahun ada inovasi, ada pembaruan supaya ada daya tarik orang tidak hanya sekali disitu, dan ini kami tetap lakukan secara bertahap,” ungkap Ridha.

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama