Sultan Keluarkan Titah Tradisi Belimbur

 



Kukar, Prediksi.co.id- Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Aji Muhammad Arifin mengeluarkan Titah tentang tata krama tradisi Belimbur, sebuah tradisi turun temurun di Tenggarong, Kukar.

Prosesi Berlimbur dilakukan dengan menyiramkan air kepada sesama masyarakat sebagai wujud syukur dan pembersihan diri. Ritual tahunan ini selalu dinantikan oleh masyarakat, juga sebagai tanda ditutupnya Erau Adat Pelas Benua 2022.

Kerabat Kesultanan Kutai Kartanegara Raden Heriyansah berharap masyarakat Kukar dapat mensukseskan rangkaian Erau Adat Pelas Benua 2022, terutama masyarakat yang mengikuti prosesi Belimbur untuk matuhi Titah Sultan agar pelaksanaan Belimbur berjalan dengan lancar

Titah Sultan Kutai Kartanegara Ing Martadipura Ke-XXI Nomor : 004/ SK-PM/SKKIM /IX/ 2022 memuat, Tata Krama belimbur Erau Adat Pelas Benua Tahun 2022 Kesultanan Kutai Kartanegara Ing Martadipura, termasuk lokasi belimbur dari Kepala Benua sampai Buntut Benua Kecamatan Tenggarong (Tanah Habang Mangkurawang sampai dengan Pal 4 Jalan Wolter Monginsidi), sleanjutnya waktu pelaksanaan belimbur dimulai Pukul 11.00 Wita sampai dengan 14.00 WITA.

Belimbur dengan menggunakan gayung dan mengguyur menggunakan air Sungai Mahakam dan Air Bersih yang disediakan didalam drum disepanjang jalan yang telah ditentukan dilarang menggunakan air najis seperti air parit.

Kebiasaan beberapa tahun ke belakang, ada tradisi melempar air dalam plastik, hal itu juga dilarang karena sering membuat pengendara yang dilempar terjatuh dan berpotensi ada gesekan dilokasi Berlimbur, melakukan belimbur menggunakan mesin pompa air yang disemprotkan secara langsung kepada masyarakat juga dilarang.


"Kami mengimbau kepada masyarakat yang melanggar melakukan pelecehan seksual saat Belimbur sesuai Titah Sultan akan dikenakan hukuman Adat Kesultanan dan hukum yang berlaku di negara ini." tutupnya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama