Tok! Rp 7,2 Triliun Untuk APBD Kukar

Kukar, Prediksi.co.id- Rapat Paripurna Ke-12 DPRD Kukar mengesahkan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kabupaten Kukar Tahun 2023 sebesar Rp 7,2 triliun, Sabtu (29/10/22).

Pengesahan tersebut dilakukan  setelah mendengar laporan badan anggaran dan persetujuan DPRD Kukar satu hari sebelumnya, Jumat (28/10/22).

Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin menyampaikan proses pembahasan APBD Kukar 2023 sudah dilakukan sejak Juli hingga Agustus 2022.  Sedangkan nota kesepakatan dan nota keuangan berlangsung akhir Agustus 2022. 

Peningkatan APBD, Rendi menjelaskan berasal dari Dana Bagi Hasil (DBH) yang terjadi karena ada perubahan dari Perpres 104 menjadi perpres 98 tentang Kenaikan DBH untuk Kabupaten Kukar. 

APBD Kukar tahun 2023 mengalami peningkatan yang signifikan, namun  dipastikan tidak keluar dari mandatoring spanding yang sudah disiapkan melalui peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Peningkatan APBD ini, meningkat pula anggaran pendidikan dan kesehatan. Begitu juga dengan mandatoring spanding yang lainnya, termasuk belanja infrastruktur. 

"Maka saya tegaskan,  ditahun 2023 pengerjaannya harus on time," kata Rendi Solihin. 

Pengesahan APBD Kabupaten Kutai Kartanegara 2023 lebih cepat, Wabup Kukar Rendi Solihin berharap kegiatan-kegiatan besar sudah bisa mulai dikerjakan pada Januari 2023. 

Agenda pembangunan pun telah siap, diantaranya akan kembali membangun dan menata ulang Pasar Tangga Arung, Rumah Sakit Muara Badak, dan pembangunan jalan poros Kahala.

Ketua DPRD Kukar Abdul Rasyid menyampaikan pengesahan APBD Kukar lebih cepat dibanding kabupaten/kota lainnya di Kalimantan Timur.

Hal tersebut terjadi karena  kolaborasi dan sinergitas antara lembaga eksekutif dan legislatif, pengesahan APBD yang cepat disahkan tersebut diharapkan membuat semua kegiatan bisa maksimal dilaksanakan  di awal tahun.

"Kegiatan yang ada di Organisasi Perangkat Daerah bisa berjalan dengan baik, serapan anggaran kegiatan APBD bisa maksimal," harapnya.

Rapat paripurna tersebut dipimpin Ketua DPRD Kukar Abdul Rasid dan  didampingi Wakil Ketua I Alif Turiadi dan Wakil Ketua II Didik Agung Eko Wahono.

Hadir dalam event tersebut Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin  beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kukar.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama