Dukung Pengembangan Bidang Budidaya Rumput Laut, 99 Nelayan Samboja Dapat Kapal dan Mesin

Samboja, Prediksi.co.id- Wakil Bupati Kutai Kartanegara Rendi Solihin, memberikan bantuan kepada nelayan budidaya rumput laut, di Kecamatan Samboja, tepatnya di dua kelurahan yakni di Kelurahan Kuala Samboja dan Kelurahan Tanjung Harapan. Pada Jumat (25/11/2022) sore.

"Kita dorong peningkatan mobilitas dan produktifitas, para pembudidaya rumput laut di Kutai Kartanegara. Khususnya di Kecamatan Samboja," ungkapnya.

Ada 9 kelompok nelayan mendapat bantuan, dalam 1 kelompok nelayan berjumlah 11 orang, jadi total 99 nelayan mendapatkan bantuan berupa kapal beserta mesinnya.

Kelurahan Kuala Samboja dan Tanjung Harapan menjadi sentra pembudidaya rumput laut, sehingga bantuan, tak hanya kapal dan mesin, bibit rumput lautpun diberikan.

Selain memberikan bantuan, Pemkab Kukar juga memberikan bantuan langsung tunai (BLT) kepada nelayan, sebagai wujud kompensasi penanganan dampak inflasi. Akibat kenaikan BBM, untuk meringankan beban nelayan dalam operasional pekerjaannya.

Rendi juga menjelaskan, realisasi anggaran pada DKP Kukar pada 2022 ini, adalah bantuan pengadaan, 1.271 unit mesin kapal/perahu, 250 kapal/perahu, 3.600 kawat pengilar, 3050 jaring ikan, 50 unit frezer, 2 unit kapal pengawasan.

Ada lagi, bantuan pembudi daya, 80.100.000 ekor benih ikan/udang, 320 ton pakan ikan, 450 unit keramba/KJA, 50 unit kolam terpal, 3.000 unit cool box. Pembangunan Sarana Prasarana, 1 unit TPI, 2 unit jembatan tambat, 1 unit Hatchery.

"Kita juga bantu pengadaan solar bersubsidi, langsung ke nelayan, kita lakukan ini untuk memudahkan nelayan. Agar tepat sasaran,"jelas Rendi.

Rendi Solihin juga didampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun. Legislator Karang Paci ini menuturkan program bantuan nelayan ini harus terus dilakukan, apalagi untuk menaikkan kesejahteraan nelayan. "Apalagi baru kali ini nelayan dapat bantuan seperti ini, kita terus dukung dan kawal, agar kesejahteraan nelayan dan petani lainnya lebih baik "ungkap Samsun.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama