Revitalisasi Tiga Kawasan, Andi Harun Pastikan Pengerjaan Sesuai Desain Perencanaan

Samarinda, Prediksi.co.id - Wali Kota Samarinda Andi Harun memastikan Gor Segiri, Citra Niaga dan Folder Air Hitam  telah sesuai dengan desain perencanaan, sebelum finalisasi perencanaan revitalisasi tiga kawasan tersebut oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Samarinda, Rabu (2/11/2022).

Andi Harun menyebutkan perlu ada penyesuaian perencanaan desain di tiga kawasan tersebut dirinya mencatat beberapa poin, seperti di kawasan Gor Segiri perlu penyempurnaan saluran drainase, peningkatan bangunan, revitalisasi fasilitas fitnes dan kolam renang, ruang untuk UMKM, serta menciptakan ruang ekonomi baru.

Untuk Citra Niaga, Andi menginginkan menjadi kawasan yang mewah sekaligus modern di masa depan, serta ramah lingkungan, tata ruang yang rapi, perbaikan koneksi jalan dan sebagi pusat peradaban.

Semua unsur terakomodir, baik UMKM maupun usaha besar, menjadi pusat kegiatan masyarakat, pusat meeting point, pusat kesenian dan oleh-oleh, hingga pusat perekonomian masyarakat.

Untuk Folder Air Hitam Samarinda, revitalisasi kawasan tidak menghilangkan unsur fungsinya kolam retensi pengendalian banjirnya, bahkan menambahkannya menjadikan tempat tersebut sebagai spot wisata dengan membangun fasilitas-fasilitas hiburan untuk masyarakat.

Mulai dari aspek arsitektur, tata ruang, kemanfaatan ekonomi dan sosial akan  dituangkan dalam suatu rancangan desain pembangunan.

Dari hasil tinjauan lapangan tersebut tindak lanjut kedepannya di pertengahan bulan November 2022 sudah ada finalisasi desain map revitalisasi di tiga kawasan tersebut dari Pemerintah Kota Samarinda.

Ia menjelaskan paling tidak pemkot sudah memiliki master plan terkait perencanaan desain modern pada kawasan tersebut di masa depan. 

"Terkait waktu pembangunannya kita akan tindaklanjuti lagi, berkoordinasi dengan Pemerintah Provinsi serta memperhatikan keuangan daerah," tutupnya. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama