Samsun Gelar Sosbang, Perkuat 4 Pilar Kebangsaan, Ajak 119 Linmas Perangi Paham Radikal

Kukar, Prediksi.co.id- Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun, kembali menggelar Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang). Di Wilayah IV Kabupaten Kutai Kartanegara, bertempat di Gedung BPU, kantor Kecamatan Samboja. Jumat (9/12/2022). Sosbang kali ini diikuti 119 satuan Perlindungan Masyarakat atau Linmas se-Kecamatan Samboja. 

Muhammad Samsun yang juga Bendahara Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDI Perjuangan Kalimantan Timur (Kaltim) ini memberikan penguatan terhadap 4 pilar kebangsaan. Yakni Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika.

"Linmas jadi ujung tombak pertahanan terdepan pengamanan negara, menjaga masyarakat dari rongrongan radikalisme ideologi yang menyimpang dari pancasila. Contoh terdekat bom bunuh diri yang baru-baru ini terjadi, karena ideologi radikal, kita cegah hal itu terjadi, lewat satuan Linmas ini,"ungkapnya.

Apalagi, menurut Samsun, di lingkungan masyarakat jangan sampai lengah atau mengabaikan orang baru di sekitar kita. Segera lakukan pendekatan, cari tahu latar belakangnya, agar kita aman dari paham atau ideologi selain pancasila.

"Hal ini bisa menjadi deteksi dini pencegahan radikalisme. Peran Linmas sangatlah penting,"jelasnya.

Selanjutnya, Samsun menerangkan, 4 Pilar atau 4 konsensus wawasan kebangsaan ini telah final, dari banyaknya suku bangsa, Indonesia mash tetap aman, tenteram dan damai. Berbeda di luar negeri, ada suku bangsa satu, namun tak bisa bersatu, selalu perang. "Bersyukur, pendiri negeri ini memerhatikan fondasi negara ini,"tuturnya.

Dalam Sosbang kali ini juga menghadirkan narasumber, yaitu Kepala Badan Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti. Menjabarkan detail poin-poin penting pancasila, kebhinekaan, UUD 1945 dan NKRI.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama