Babinsa Inisiatif Datangkan Alat Berat, Evakuasi Dilanjutkan

Samarinda, Prediksi.co.id- Evakuasi truk trailer yang menutup akses jalan di Jalan Otto Iskandardinata, Kelurahan Selili, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda, Rabu (18/1/2023) berlanjut, setelah tiga jam menunggu alat berat datang ke lokasi.

Diketahui, upaya evakuasi pertama telah dilakukan pada Pukul 10.00 Wita, menggunakan dua buah dump truck. Karena muatan yang bobot kendaraan yang mencapai 20 ton, ditambah muatan 25 ton. Alhasil tidak terjadi pergerakkan berati saat evakuasi. "Ini harus dibantu pakai alat berat," ungkap warga sekitar. Diketahui truk tersebut bermuatan altenator atau penyuplai listrik alat berat. 

Tak tinggal diam, rupanya Babinsa Kelurahan Sungai Dama, Kodim 0901 Samarinda. Kopral Kepala (Kopka) Azmiadi berinisiatif mendatangkan alat berat excavator. Bahkan, Kopka Azmiadi menggunakan kocek pribadinya.

"Tidak ada yang bertanggungjawab, setelah bisa di evakuasi, truknya tidak boleh melanjutkan perjalanan, sebelum mengganti biaya tersebut," ungkapnya saat di lokasi kejadian.

Pihak perusahaan pemilik muatan, yang berada di Balikpapan hingga berita ini ditulis tidak dapat dihubungi. Di sisi lain, pihak penerima muatan juga seharusnya bisa menalangi dulu, untuk proses evakuasi,  selesai itu bisa berkomunikasi dengan perusahaan asal muatan untuk biayanya.
 
Sebelumnya, truk dengan nomor polisi N 8354 RE ini tertahan di Gunung Manggah sejak Rabu dini hari, 18 Januari 2023. Truk tersebut berasal dari Balikpapan menuju perusahaan doking PT DY di Pulau Atas, Samarinda.

Pengemudinya adalah Riski (29), seorang yang lain bertugas sebagai helper, yakni Umar (26). Akibat mogoknya truk trailer ini, tiga ruas jalan alternatif melalui Selili, Jembatan Mahkota II, dan Jalan Perjuangan macet total.

Ditempat berbeda, Komandan Kodim (Dandim) 0901/Smd Kolonel Arm Novi Herdian, mengatakan akan memberikan penghargaan khusus kepada Babinsa Kopka Azmiadi, atas inisiatifnya mengurai kemacetan. 

"Besok, akan saya beri penghargaan khusus untuk Babinsa ini," terangnya. (*)

Berita di atas telah mengalami penyuntingan oleh redaksi. 


Post a Comment

Lebih baru Lebih lama