Hasanudin Mas'ud: Pentingnya Sinergi Pusat dan Daerah, Maksimalkan Pembangunan Daerah

Jakarta, Prediksi.co.id- Sinergitas antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah melalui Forkopimda menjadi sangat penting. Agar apa-apa yang diprogramkan pemerintah pusat, bisa diimplementasikan dengan baik di daerah. 

Hal tersebut dikemukakan oleh Ketua DPRD Kaltim Hasanudin Mas’ud, saat menghadiri Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Kepala Daerah dan Forkopimda Tahun 2023 di Sentul International Convention Center (SICC), Selasa (17/1/2023).

Hasanudin mengatakan, adanya keserasian yang baik antara pemerintah pusat dan daerah, maka gerak langkah dan hasil-hasil pembangunan pastinya turut dinikmati masyarakat.

Hasanuddin Mas’ud menerangkan, sinergi itulah poin terpenting dari pertemuan tersebut. Bagaimana sinergi bisa dibangun dengan baik di semua level pemerintahan.

Selain itu, dirinya juga menjelaskan pertumbuhan ekonomi Kaltim yang terbilang tumbuh cukup baik di masa pandemi dan pascapandemi. "Kita apresiasi kerja ekonomi Gubernur Isran Noor dan Wagub Hadi Mulyadi yang pascapandemi bisa tumbuh positif," ungkapnya.

Untuk pertumbuhan ekonomi Kaltim pada triwulan III tahun 2022 mengalami pertumbuhan sebesar 5,28 persen (y-on-y). Sedangkan ekonomi Kaltim kumulatif triwulan I-2022 hingga triwulan III-2022 mengalami pertumbuhan sebesar 3,53 persen (c-to-c). Kalimantan Timur juga menyumbang kontribusi tertinggi pada penyusunan nilai tambah regional Kalimantan sebesar 54,76% dengan pertumbuhan (y-on-y) sebesar 5,28%.

“Presiden tadi juga mengingatkan soal pentingnya pengendalian inflasi di daerah. Tahun lalu inflasi kita 0,16 persen. Sedangkan inflasi tahun kalender 5,11 persen dan tingkat inflasi tahun ke tahun sebesar 5,83 persen. Ini cukup baik, sebab Presiden Jokowi tadi mengungkapkan, beberapa negara inflasinya bahkan ada yang menyentuh hingga 93 persen gara-gara Covid-19,” papar Hasanuddin Mas’ud.

Rakornas tersebut dibuka oleh Presiden Joko Widodo pada pagi hari dan ditutup oleh Wapres Ma’ruf Amin secara virtual pada sore hari tadi. Rapat dihadiri para gubernur, bupati, wali kota, pimpinan TNI, Polri, dan Kejaksaan, serta para ketua DPRD se-Indonesia. (di/le/ADV/DPRD KALTIM).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama