Rilis Stress dengan Cinema Therapy, RSK Kota Samarinda Ajak Pasien Kanker Dan Pendampingnya Ke Bioskop


Samarinda, Prediksi.co.id- Pengobatan kanker, ternyata tak hanya berfokus pada terapi obat, seperti kemoterapi, radioterapi saja. Namun, ada dampingan lain yang perlu dilakukan. 

Seperti yang dilakukan Rumah Singgah Kanker (RSK) Kota Samarinda, pada Rabu (11/1/2023) kemarin, dengan program rutinnya Cinema therapy. Yakni sebuah program yang di desain untuk Pejuang Kanker, sebagai sarana rekreasi, serta mampu memberikan pengaruh positif untuk pasien kanker, dan keluarga yang menjadi  pendamping pasien.

Pendiri RSK Kota Samarinda Sulastri menjelaskan, kegiatan ini bisa mendorong para pasien kanker, dan pendamping pasien. Mengekspresikan diri dengan melepaskan emosinya, entah dengan tertawa ataupun menangis.

"Bagaimanapun pasien dan pendamping rentan stress, kita bawa ke bioskop. Ini juga sebagai solusi relaksasi, dianggap efisien secara psikologis karena membantu seseorang mengenal dirinya sendiri. Dengan merespon adegan maupun karakter dalam film yang di tonton," terangnya.

Sulastri atau yang dikenal dengan Ranger Pink ini mengungkapkan, semua pasien mengaku ini momen pertama mereka pergi ke bioskop. Rona bahagia terlihat diseluruh wajah pasien dan pendamping. 

"Hari ini total 4 pasien kanker dan 4 pendamping, setelah asik menonton, kita bawa untuk makan bersama," ujar Ranger Pink yang juga merupakan dosen di salah satu perguruan tinggi di Samarinda ini.

Jumlah pasien dan pendamping, Sulastri mengatakan, ada 12 pasien dan 12 pendamping, namun karena ada yang rawat inap, sehingga yang mengikuti kegiatan ini hanya 8 orang penghuni rumah singgah kanker.

Selain itu, Kegiatan ini juga diikuti beberapa relawan kanker. Tujuannya sama, antara lain mengekspresikan diri, mengenali diri serta sebagai sarana relaksasi dalam mendampingi keluarga pasien kanker.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama