Rusmadi Paparkan Progress 10 Program Unggulan Kota Samarinda

Samarinda, Prediksi.co.id- 10 program unggulan Kota Samarinda dipaparkan secara detail oleh Wakil Wali Kota Samarinda Rusmadi Wongso, hal ini merupakan bagian dari pengambilan gambar oleh TVRI Kaltim untuk dua buah acara, yakni Lensa Borneo dan Fokus Berita. Di ruang  Wakil Wali Kota, Selasa (17/01/2023).

Rusmadi menerangkan, dari 10 program unggulan, saat ini sebagian besarnya telah  berjalan, bahkan sudah bisa dirasakan oleh masyarakat kota. Ini sesuai dengan visi "Terwujudnya Samarinda Sebagai Kota Pusat Peradaban".

"Peradaban ini bukan saja monumental sebuah bangunan fisik, tapi sebuah kehidupan, keteraturan, dan budaya. Itu juga merupakan bagian yang sangat penting." ucap Rusmadi.

Dirinya menuturkan, Samarinda sebagai pusat peradaban adalah sebuah pesan, untuk memastikan Samarinda berikut potensi sebagai Ibu Kota Provinsi, pusat pemerintahan, dan sejak jaman dahulu kala sebagai Kota Bandar. Sehingga Samarinda kata dia harus menempatkan diri sebagai kota perdagangan dan industri. 

"Kita inginkan Samarinda sebagai sebuah kota yang maju dan modern, yang menggambarkan sebuah peradaban. " terang Rusmadi lagi.

Adapun 10 Program unggulan tersebut adalah Program Pro Bebaya. Program yang melibatkan masyarakat kota Secara luas. Program pengendalian banjir dan pembangunan sistem drainase modern, Program Pembangunan Sistem Transportasi Massal modern dan ramah lingkungan (Subway dan Skytrain-Monorail), Program Social Security Number (Satu Kartu Untuk Semua Layanan, Program Smart City Plus.

Lanjut dengan Program "Doctor On Call" untuk kondisi darurat, lansia dan balita, Program bantuan peralatan dan sarana pendidikan untuk menunjang pendidikan gratis 12 tahun, Pengembangan Badan Usaha Milik RT (Berbasis Kelurahan), Program Pengembangan Ruang Terbuka Hijau, Taman Rekreasi dan 1 Kelurahan 1 Playground, dan Program penciptaan 10.000 Wira Usaha Baru (Start Up).

"Memang tidak gampang untuk bisa melaksanakan kesepuluh program tersebut, karena dibutuhkan proses yang bertahap dan melibatkan semua pihak. Namun dalam beberapa waktu ini, berkat kegotongroyongan sudah mulai bisa dilihat hasil yang diperoleh," jelasnya.

Seperti banjir, Rusmadi mengatakan, telah terjadi progres yang langsung dirasakan masyarakat Samarinda. Meskipun banjir belum hilang sama sekali, namun paling tidak jumlah titik dan durasi genangan sudah sangat jauh berkurang. 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama