Banyak Data Belum Tuntas Tahun Lalu, Diskominfo Kukar Dampingi OPD Isi Aplikasi Becik

 
Kukar, Prediksi.co.id- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Kutai Kartanegara lewat Bidang Statistik telah membuka layanan pendampingan, hal ini dikhususkan untuk Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait pengisian data capaian kinerja tahun 2022. Pada Portal Satu Data Becik.

Sekretaris Diskominfo Kukar Solihin membuka secara resmi acara tersebut, dan diikuti 21 OPD. Bertempat  di Hotel Harris Samarinda selama 2 sejak Senin (13-14/2/2023).

Ketua Pelaksana Kegiatan Statististik/ Sub Koordinator Evaluasi Pengelolaan Data Statistik Sektoral Sudarman mengatakan  pendampingan 19 Badan/Dinas dan 9 Kecamatan tersebut terkait belum tuntasnya pengisian data pada aplikasi Becik tahun 2022, materi disampaikan narasumber dari BPS dan BAPPEDA Kukar.

Solihin juga menuturkan pentingnya kolaborasi dan sinergi pemangku kepentingan dalam pelaksanaan Program Nasional Satu Data Indonesia.  Untuk itulah diperlukan aplikasi Becik untuk mewujudkannya. Menghindari tumpang tindih data dan untuk menjaga integrasi metadata. 

Lebih lanjut ia menerangkan, pengelolaan data melalui aplikasi Becik bertujuan untuk menciptakan terwujudnya data yang akurat, mutakhir, terpadu, dapat dipertanggungjawabkan, mudah diakses, dan dibagi pakaikan antar stakeholders. 

Kepala BPS Kabupaten Kutai Kartanegara Nur Wahid menyampaikan terdapat beberapa OPD di Kukar yang belum mengisi data dan ada yang sudah mengisi namun tidak dilengkapi dengan metadata.  

Untuk diketahui, Program Nasional Satu Data Indonesia merupakan implementasi Peraturan Presiden Nomor 39 Tahun 2019 tentang Satu Data Indonesia (SDI) dan Peraturan Bupati Kutai Kartanegara Nomor 83 Tahun 2020 tentang Penyelenggaraan Forum Satu Data Tingkat Daerah. Dalam program tersebut Diskominfo berperan sebagai wali data dan berperan dalam pengumpulan, pengolahan, penginputan, dan pengelolaan serta penyebarluasan data statistik sektoral.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama