Ely Hartati Harapkan Tenaga Kerja Lokal Diprioritaskan pada Proyek Pembangunan IKN

Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota DPRD Provinsi Kalimantan Timur Ely Hartati Rasyid menanggapi persoalan proyek pembangunan infrastruktur di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara, agar lebih memprioritaskan serapan tenaga kerja lokal dibanding dari luar daerah.

“Bicara persoalan infrastruktur IKN Nusantara, saya menaruh harapan besar agar dampak positif pembangunan IKN dapat mensejahterakan masyarakat Benua Etam, seperti serapan tenaga kerja asal Kaltim,” ujar Ely Hartati di Samarinda, Jumat.

Ia mengakui bahwa pembangunan IKN masih kurang mengakomodir masyarakat Benua Etam, contohnya dalam pembangunan mess di wilayah IKN yang tiba-tiba sudah selesai dibangun.

Oleh karena itu, ia mendorong agar ke depan masyarakat kaltim lebih terlibat dan dapat berkontribusi, sehingga turut merasakan dampak positif dari hadirnya IKN.

“Kepada Pemerintah Provinsi (Pemprov) Kaltim kami  meminta agar generasi muda diberi program pelatihan khusus yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan, agar kemudian dapat terlibat dalam proyek IKN,” tutur Ely.

Dikemukakannya, jangan hanya menunggu tapi menjemput bola, bahkan kalau perlu, generasi muda  Kaltim ini dilatih dipersiapkan untuk bekerja di IKN, sehingga  putra-putri  Kaltim bisa terlibat dan merasakan hasilnya dari pembangunan IKN.

Menurutnya, Pemprov Kaltim juga perlu mendata dan canangkan regulasi terkait keterlibatan pengusaha lokal Benua Etam dalam IKN, agar mengetaui dengan rinci partisiasi hingga serapan ekonomi pengusa lokal.

“Kalau perlu dibuat aturan melibatkan tenaga kerja lokal yang mengatur jumlah perusahaan lokal yang terlibat dalam IKN. Kita harus bisa ikut berperan dan mendapatkan hasilnya di IKN. Supaya tidak terdengar lagi nada-nada miring soal tenaga kerja,” pungkas  Eli.(Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama