HPN 2023 Momen Tingkatkan Kualitas Insan Pers, Rusman Apresiasi Netralitas Media

 



 

Samarinda, Prediksi.co.id- Anggota DPRD Kaltim Rusman Ya'qub dalam momentum Hari Pers Nasional (HPN) yang ke-38 tahun, menuturkan pentingnya peran pers sebagai corong kerja legislatif. Menyebarluaskan informasi ke masyarakat umum sehingga kerja-kerja kedewanan di parlemen bisa diketahui siapa saja. Berkaitan dengan perjuangan program pembangunan di konstituennya.

 

"Selamat hari pers nasional, kita ketahui begitu penting peran pers dalam mempublikasikan kegiatan DPRD Kaltim kepada masyarakat," ucap Rusman Ya'qub di Samarinda, Kamis (9/2/2023).

 

Media, kata Rusman, adalah alat untuk mencerdaskan anak bangsa, memiliki peranan penting dalam memberikan edukasi kebijakan pemerintahan kepada publik, selalu memberikan informasi-informasi aktual dan yang bermanfaat bagi masyarakat.

 

Selanjutnya dirinya menjelaskan, pers, selama ini sangat konsisten mengawal penegakan hukum di Indonesia, sebab beberapa kasus-kasus hukum dapat terselesaikan dengan baik, berkat kerja keras rekan-rekan media.

 

Dirinya berpesan kepada insan pers dimanapun, untuk selalu berjalan lurus menyampaikan informasi terdepan sebagai mana mestinya, dan tetap menjalankan tugas wartawan dengan menjaga kode etik jurnalistik.

 

“Wartawan haruslah senantiasa meningkatkan kompetensi, selalu memperdalam kemampuan dan upgrade ilmu pengetahuan guna memiliki kualitas yang semakin maju dan semakin baik,” harapnya.

 

Dimomentum HPN ini, kata dia lagi, pers harus mampu melakukan transformasi tugas kewartawanan sebagai insan pers betul-betul terjaga dengan selalu mengedepankan netralitas.

  

Dirinya juga mengapresiasi insan pers yang telah dan terus mengawal tugas - tugas kedewanan, tanpa pers menurut Rusman, apa yang dikerjakan anggota DPRD tentu publik tidak akan banyak yang mengetahui.

 

"Pers itu juga mampu mengurai dimana titik-titik kebuntuan komunikasi antara rakyat, lembaga eksekutif, lembaga yudikatif serta sebagai jembatan penyambung lidah rakyat," tukasnya. (ex/le/ADV/DPRD KALTIM).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama