Komisi IV DPRD Kaltim Soroti Hibah Pemprov ke ITK

 

 


Samarinda, Prediksi.co.id- Ketua  Komisi IV DPRD Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) Reza Fachlevi Bersama Komisi IV membahas persoalan pembayaran proyek pembangunan turap di area Institut Teknologi Kalimantan (ITK). Kepada perusahaan atau  kontraktor yang pendanaan berasal dari  dana hibah Pemerintah Provinsi dengan nilai proyek Rp6,3 miliar.

 

Dari pihak ITK, kata Reza, hanya menyampaikan progres terkait dana hibah yang sudah disalurkan oleh Pemprov Kaltim. Hingga saat ini baru mencapai kurang lebih 43 persen. Dari hibah Rp8 miliar yakni Rp6,3 miliar untuk proyek turap dan sudah dibayar Rp2,9 miliar.

 

Adannya keterlambatan pembayaran, dikarenakan pada saat itu ada proses administrasi lelang, selain itu juga adanya pergantian rektor dari Kampus ITK sehingga mengalami  keterlambatan. 

 

“Artinya tuntutan dari para penyedia bahwasanya ada progres dari bulan November- Desember  dan belum terbayarkan, tapi pihak ITK tidak berani mengambil keputusan untuk pembayaran tersebut karena tidak adanya pemberitahuan dari Provinsi,” ungkap Reza, Kamis (7/2/2023).

Reza menambahkan saat ini dana hibah sudah masuk ke ITK semua, tinggal pembayaran kepada kontraktor. Ia menjelaskan, dana hibah dari APBD Pemerintah Provinsi Kaltim untuk pelaksanaan pembangunan fisik tersebut pada rapat yang dilaksanakan dihadiri pemenang lelang, dari dua perusahaan pelaksana.

 

Menurut Reza  sebenarnya mereka bisa melanjutkan pekerjaan asalkan ada pembayaran yang belum diselesaikan oleh pihak ITK, karena pembayaran bukan by progres, tapi per bulan, sistemnya MC. Secara teknis diserahkan kepada ITK, namun DPRD Kaltim meminta agar bisa secepatnya diselesaikan dalam rangka penyerapan anggaran. 

 

"Bangunan turap seharusnya segera dirampungkan, karena itu berbahaya apabila terjadi longsor dan lainnya. Selain itu pihak kontraktor agar bisa dikoordinasikan secara intens agar tidak mis persepsi dengan pihak pimpinan kampus," jelas Reza. (au/le/ADV/DPRD KALTIM).

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama