Mulai Terkikisnya Nilai Kebangsaan Pada Generasi Muda, Sosbang Jadi Solusi

Kukar, Prediksi.co.id- Pentingnya pemahaman tentang ideologi bangsa yakni Pancasila, pedoman dalam berkehidupan berbangsa dan bernegara, tak sekedar untuk diketahui saja, lebih dari itu, harus  dipahami serta diimplementasikan dalam setiap sendi kehidupan kita.

Untuk penguatan hal itulah, Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun kembali mengadakan Sosialisasi Wawasan Kebangsaan (Sosbang). Kali ini bertempat di Pantai Kaltim Park, Kuala Samboja, Kukar. Jumat (10/2/2023).

Pemahaman wawasan kebangsaan, kata dia, akan berefek terhadap penguatan karakter, baik pribadi maupun karakter bangsa Indonesia secara keseluruhan. Tujuannya untuk dapat membuat negara Indonesia memiliki persatuan dan kesatuan yang solid.

“Bukan sekedar tahu, namun lebih kememahami maknanya. sehingga bisa dengan mudah mengaplikasikannya. Maka Pancasila, NKRI, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika sebagai pilar atau konsensus kebangsaan itulah yang akan memperkuat negara dan bangsa Indonesia,” terangnya.

Legislator Karang Paci -- sebutan DPRD Kaltim-- ini tak sendiri, ia membawa Iswandi menjadi narasumber. Dalam penyampaian materinya, Iswandi menerangkan, ada elemen dasar kebangsaan sebagai semboyan mulai terkikis seiring dengan perkembangan teknologi dan globalisasi. Sehingga perlu setiap elemen pemerintah,  agar bisa menanamkan dan menyosialisasikan kembali, keseluruh masyarakat agar dapat diterapkan di dalam keluarga.

Ia pun berharap dengan gencarnya dilakukan sosialisasi wawasan kebangsaan ini, bisa memberi dampak positif, oengiatan ideologi di masyarakat, agar lebih memahami secara mendalam dan memiliki semangat berpancasila, sehingga kembali diterapkan di dalam kehidupan sehari-hari.

Sangat disayangkan, banyak generasi muda, jangankan untuk memahami dan memaknainya, ada indikasi hafal Pancasilapun tidak.

“Perkembangan teknologi, kemudahan informasi berefek juga di generasi muda kita, nilai-nilai kebangsaan mulai terkikis," ungkapnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama