7 Kelompok Budidaya Rumput Laut Terbentuk, Rahmat Dermawan Fasilitasi Bantuan Antara Masyarakat dan Pemerintah

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id - Pemberdayaan nelayan perlu diberi perhatian serius, apalagi potensi besar di budidaya rumput laut semakin di lirik. Untuk inilah tenaga ahli pimpinan DPRD Kaltim yang juga menjabat sebagai staf Wakil Bupati Kutai Kartanegara, ikut menghadiri sosialisasi budidaya bibit rumput laut di Kelurahan Tanjung Harapan Samboja (4/3/2023).

Rahmat menerangkan, pemkab Kukar konsen memberi bantuan, apalagi berkenaan dengan petani dalam arti luas, salah satunya nelayan. Dalam kunjungannya ada 4 kelompok pembudidaya rumput laut yang baru terbentuk. Karena, kata Rahmat Dermawan, untuk menerima bantuan harus memiliki persyaratan yang lengkap, baik dari  administrasi maupun persyaratan kelayakan penerima.

"Hari ini kami di Tanjung Harapan mensosialisasikan program yang telah kami kawal sebelumnya, dimana nelayan/petani rumput laut kami buatkan legalitas kelompoknya," ungkapnya.

"Ini upaya kita agar pembudidaya rumput laut bisa menerima bantuan dari pemerintah, Alhamdulilah hari ini ada 7 kelompok yang terbentuk dan sudah di fasilitasi untuk kelengkapan berkasnya," sambung Rahmat.

Pemerintah Kukar sangat memberi atensi tehadap nelayan, melalui program 25.000 nelayan produktif dalam waktu dekat mereka ada mendapatkan bantuan bibit dan tali untuk pembudidaya rumput laut.

Seorang nelayan, Anshar mengucapkan terimakasih banyak atas pendampingan yang selama ini dilakukan Rahmat Dermawan, "sehingga hari ini kami dapat kabar baik bahwa bantuan akan segera turun," terangnya.

Rahmat juga menjelaskan bantuan dari pemerintah saat ini tidak bisa diberikan kepada individu melainkan penerima harus melalui kelompok-kelompok.

"Saat ini persayaratan penerima memang tidak bisa lewat individu melainkan harus lewat kelompok-kelompok sehingga kita terus fasilitasi pembudidaya rumput laut untuk membentuk Kelompok," tuturnya.

Melalui kelompok-kelompok budidaya rumput laut yang terbentuk, Rahmat Dermawan berharap, kelak ada Kampung Rumput laut di Kutai Kartanegara sehingga kesejahteraan pembudidaya bisa dirasakan.

"Saya berharap kelak ada Kampung Rumput Laut di Kukar dan melalui kelompok-kelompok yang sudah terbentuk kita berikhtiar untuk dorong kesejahteraan keluarga melalui program-program yang ada," tutupnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama