Dishub Kukar Wacanakan Bangun LPJU di 26 Titik

Kepala Dishub Kukar, Ahmad Junaidi (Istimewa)


Tenggarong, Prediksi.co.id - Sekian lama gelap gulita jika malam tiba, Kepala Dinas Perhubungan Kutai Kartanegara (Dishub Kukar) Ahmad Junaidi menjelaskan bahwa pada tahun 2023 ini pihaknya akan bangun Lampu Penerangan Jalan Umum (LPJU) di 26 desa di Kukar. 


"Sementara ini kita masih dalam proses perencanaan, hingga akhir bulan. Insyaallah bulan April sudah mulai pengerjaan fisiknya," ucap Junaidi, Senin (20/3/2023). 


Pengadaan LPJU ini diakuinya telah beberapa kali menjadi keluhan masyarakat. Bahkan juga telah dituangkan dalam Musrenbang dan telah menjadi fokus oleh Bupati Kukar, Edi Damansyah.


Pembangunannya diketahui akan memakan anggaran sebesar Rp 6 miliar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kukar.  Dengan dana sebesar ini, diharapakan Junaidi mampu menerangi 26 titik ruas jalan di desa dan kelurahan yang ada di Kukar, mulai dari hulu hingga pesisir.


"Disamping itu, kita juga akan melakukan perawatan, kalo pengadaan itu khusus desa yang belum ada LPJU, perawatan itu bagi yang sudah ada," jelasnya.


Ahmad Junaidi pun mengatakan bahwa pihaknya ingin merubah kontrak daya menjadi permeter. Hak ini bertujuan guna menghemat biyaya tagihan listrik yang selama ini bisa mencapai 20 juta rupiah perbulannya. Juga akan mengunakan lampu LED yang lebih hemat listrik.


"Kita juga mengusulkan penggunaan smart LPJU, dimana pada jam tertentu lampunya akan meredup. Ini tujuannya agar lebih hemat pembayaran listriknya," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama