Kepala Diskop UKM Kukar Sebut Petani di Kukar Dapat Ajukan Kredit Kukar Idaman Tahun Ini

 

Kepala Diskop UKM Kukar, Tajudin (Istimewa)



Tenggarong, Prediksi.co.id - Kepala Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar), Tajudin menyebutkan tahun 2023 ini petani dapat ajukan pinjaman di Kredit Kukar Idaman. 


Diketahui bahwa Kredit Kukar Idaman, merupakan salah satu program dedikasi dari pemerintah kabupaten (Pemkab) Kukar. Dimana kredit Kukar idaman memberikan pinjaman bagi para pelaku Usaha Menengah, Kecil dan Mikro (UMKM). 


Dalam program Kredit Kukar Idaman ini, Pemkab Kukar diketahui bekerja sama dengan Bank Kaltimtara untuk memberikan pinjaman kepada masyarakat tanpa jaminan dan bunga.  


"Tahun ini kita berkeinginan untuk mengakomodir petani. Jadi kita harus revisi peraturannya dulu. Nilainya juga diusulkan untuk meningkat sampai 50 juta rupiah," ucap Tajudin saat dikonfirmasi awak media, Selasa (21/3/2023).


Tajudin mengungkapkan bahwa saat ini pihaknya tengah melakukan revisi terhadap Peraturan Bupati (Perbup) yang berkenaan dengan kredit Kukar idaman ini. Dimana nantinya kredit Kukar idaman ini tidak hanya menyediakan kredit pada pelaku  tapi juga tersedia untuk petani. 


Dia juga menyampaikan, bahwa pengajuan kredit Kukar idaman untuk UMKM masih dibuka dan bisa diajukan oleh masyarakat Kukar langsung ke pihak bank. Setelah dilakukan nantinya pihak bank akan melakukan proses verifikasi.


"Jadi silahkan saja kepada masyarakat untuk mengajukan kredit kukar idaman ini, untuk yang mau mengajukan bisa mengurus sekarang juga. Kalo kredit untuk petani ini kita masih proses revisi Perbupnya," imbuhnya.


Dengan adanya Kredit Kukar Idaman ini, Tajudin berharap masyarakat Kukar yang berkeinginan untuk mengembangkan usahanya, bisa memanfaatkan kredit ini tanpa harus berurusan dengan rentenir "Kami berharap dengan adanya Kredit Kukar Idaman ini peran rentenir bisa terbatasi," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama