Kesbangpol Sosialisasi ke Setiap Sekolah di Kukar, Rinda : Tanamkan Jiwa Politik Sejak Dini

EDUKASI POLITIK: Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti sosialisasi untuk tingkatkan partisipasi di Pemilu (Foto: Istimewa)


Tenggarong, Prediksi.co.id - Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melakukan sosialisasi disetiap sekolah di Kukar guna menanamkan jiwa politik bagi para siswa. 

Hal itu dilakukan, agar para siswa ke depannya dapat memahami nilai-nilai dari demokrasi, hak asasi manusia, partisipasi politik, serta tanggung jawab sosial. 

Kepala Kesbangpol Kukar, Rinda Desianti mengaku, pihaknya akan terus mendorong sosialisasi ini. Agar nantinya masyarakat khususnya siswa juga mengerti politik.

Selain itu, tujuannya yakni guna menaikan tingkat partisipasi masyarakat dalam pemilihan umum (Pemilu).

“Di tahun 2019 kemarin, tingkat partisipasi kita 81,24 persen. Tentu saja target partisipasi pemilih di tahun 2024 diharapkan lebih dari itu, karna nanti itu perpaduan antara Pileg dan Pilpres,” ungkapnya saat dikonfirmasi awak media, Senin (27/3/2023). 

Rinda menilai, sosialisasi politik sangat penting dilakukan agar para siswa dapat menjadi individu yang kritis, demokratis, dan bertanggung jawab di masa yang akan datang. 

“Selama ini orang sering menganggap datang ke tempat pemilihan suara (TPS) hanya sekedar memilih. Namun mereka tidak tahu siapa orang yang dipilih itu,” ujarnya.  

Hadirnya edukasi tentang politik diharapkan dapat membuat pelajar di Kukar, bisa memahami bagaimana menilai figur dengan objektif.

"Bagaimana mereka harus memahami terlebih dahulu, apa yang menjadi  visi dan misi calon dan partai sebelum menjatuhkan pilihan," pungkasnya. (Ki/Le/ADV)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama