Kunjungan Kedutaan Norwegia ke Pemkab Kukar, Angin Segar Investasi di Kaltim, Begini Tanggapan DPRD Kaltim

Samarinda, Prediksi.co.id – Lawatan Kedutaan Besar Norwegia yang diwakili Kementerian Iklim dan Lingkungan Norwegia, Abler Nordic Arthur Sletteberg di dampingi Chief Executive Officer (CEO) PT Permakultur Lanskap Berkelanjutan Indonesia (PLANB) Fakhrizal Nashr ke Pemerintahan Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) pada, Selasa (7/3/2023) lalu menjadi angin segar investasi di Kaltim.

Wakil Ketua DPRD Kaltim dari Fraksi PDIP Muhammad Samsun menuturkan, kerjasama tersebut merupakan hal baik, bagian dari investasi Pemerintah Norwegia di Kaltim.

Apalagi, Kaltim sendiri merupakan daerah penghasil sawit terbesar di Indonesia dengan luasan wilayah yang cukup besar. Bahkan, tak hanya sawit, masih banyak sektor lain yang bisa di kembangkan di Kaltim, utamanya di sektor perkebunan dan pertanian.

Ini menyiratkan, sektor pertanian dalam arti luas sangat berpotensi, sampai pemerintah luar negeri tertarik berinvestasi.

“Selanjutnya tinggal masyarakat Kaltim untuk merespon ini. Kalau orang luar negeri tertarik, masa orang daerah tidak mau mengembangkan,” jelas Samsun.

Kunjungan ini merupakan pembahasan lebih lanjut tentang pengembangan kerja sama dan pembinaan tata kelola penggunaan lahan perkebunan Kelapa Sawit di Kecamatan Kembang Janggut dan Tabang, yang sebelumnya di gagas oleh PLANB, Abler Nordic dan Rea Kaltim.

Selain itu juga tingkat keseriusan Norwegia yang mau mengembangkan sawit ini di buktikan dengan besarnya anggaran yang disiapkan, yakni 10 Juta US Dollar. (Di/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama