APFI Kaltim Resmi Dibentuk, Fokus Peningkatan SDM Fotografi

Samarinda, Prediksi.co.id- Fotografi di Kalimantan Timur melenggang semakin ke depan, yang terbaru pembentukan Pengurus Daerah (Pengda) Kalimantan Timur Asosiasi Profesi Fotografi Indonesia (APFI), di Pappie Coffee Jalan Basuki Rahmat, Samarinda, Sabtu (15/3/4/2023).

Deklarasi dirangkai dengan sosialisasi tentang APFI, sekaligus menjelaskan pentingnya sertifikasi kompetensi dan membahas program kerja ke depan, serta buka puasa bersama. Dibentuknya APFI di Kaltim merupakan sebagai bentuk kepedulian dan komitmen memajukan dunia fotografi di Benua Etam.

Hal tersebut disampaikan Aditya Lesmana, yang secara aklamasi didukung menjadi Ketua Pengda Kaltim APFI. 

"Tiga hal mendasar yang kita bisa fokuskan setelah deklarasi ini, pertama menjalin hubungan dan membuka celah kerjasama dengan mitra APFI, baik di pemerintahan maupun swasta. Kedua fokus untuk peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia dalam hal ini fotografer, dengan mengadakan workshop, sharing class, dan sejenisnya. Ketiga membuat event menarik yang menghidupkan semangat fotografi Kaltim," ungkapnya dalam diskusi.

Apalagi, kata Adit lagi, Kaltim yang dititipkan Ibu Kota Negara (IKN) memiliki potensi dan peluang yang sangat besar. "Siapa lagi yang harus menyiapkan diri, kalau bukan kita sendiri, fotografer Kaltim harus siap, sekarang kita punya 'rumah' bernama APFI," paparnya.

Ketua rapat pembentukan Pengda Kaltim APFI, Adji Yudhistira yang juga sebagai pembina APFI Pengda Kaltim berharap APFI di Kaltim bisa membina seluruh anggotanya dalam peningkatan kualitas.

"Dunia kerja sekarang menuntut sertifikasi kompetensi, bayangkan, pekerja konstruksi (tukang) saja telah disertifikasi oleh Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP), jadi para fotografer juga harus bersiap dalam peningkatan kapasitas dan kualitas ini, APFI menjadi langkah awal menuju SDM yang lebih baik," terangnya. 

Deklarasi dihadiri sejumlah penggiat, penghobi dan profesional di bidang fotografi lintas komunitas. (Le/Sun)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama