DPRD Kaltim Sebut Capaian Kinerja Masa Sidang I Sudah Sesuai

Samarinda, Prediksi.co.id- Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) mengharapkan kinerja legislatif pada masa sidang II akan lebih baik daripada masa sidang I yang dinilai sudah maksimal, untuk menuntaskan beberapa agenda sesuai dengan rencana kerja parlemen tingkat provinsi tersebut.

“Masa sidang I dengan adanya 12 rapat paripurna, apakah sudah maksimal? Kalau menurut saya sudah maksimal, tapi kita dari tolak ukur itu, masa sidang II tahun 2023 ini paling tidak kita lebih baik lagi,” ujar Ketua DPRD Kaltim Hasanuddin Mas’ud usai menggelar Rapat Paripurna ke-12 membahas laporan masa sidang I, di Samarinda, Selasa (2/5/2023).

Menurutnya, masa sidang II bisa optimis lebih baik, sebab akan ada tambahan anggaran dari lembaga eksekutif, dalam hal ini Pemerintah Provinsi Kaltim untuk mendukung kerja kedewanan, dan DPRD Kaltim untuk lebih produktif bisa optimal.

Lebih lanjut ia mengatakan, banyaknya kegiatan perjalanan dinas yang telah dilaporkan tersebut sudah sesuai dengan apa yang diharapkan dalam tugas kedewanan, terutama soal referensi untuk merancang peraturan daerah.

“Kemudian kalau dikorelasikan dengan harapan pansus renja, supaya perjalanan dinas ini bisa di tekan sedikit, apakah sudah sesuai? Kalau saya sudah sesuai saja,” tukas Hasanuddin.

Hal tersebut dikemukakan bahwa jika unsur pimpinan DPRD Kaltim telah mengakomodir semua, kalau memang ada kunjungan yang dianggap penting, maka pihak pimpinan tentu akan memberikan rekomendasi, sehingga agenda perjalanan dinas tidak perlu dikurangi.

“Karena tugas daripada DPRD kan kunjungan-kunjungan kerja, kita dapat jadwal kerja pagi sampe sore, tapi jadwal kita itu merupakan kunjungan kerja untuk mengoptimalkan kerja kedewanan, tidak boleh dibatasi sepanjang anggarannya mencukupi,” tutur Hasanuddin.

Ia mengatakan bahwa kegiatan kunjungan tersebut masih tergolong normal, dan yang terpenting ada pertanggungjawabannya, serta urgensi dalam pemberangkatan itu tidak sembarang juga.

“Tentu melalui proses, ada mekanismenya, melalui sekwan, saya kira sesuai aja,” ucap Hasanuddin.

Pada kesempatan tersebut, ia juga mengucapkan selamat bekerja kepada Sekretaris Dewan (Sekwan) yang baru dilantik, yakni Norhayati Usman, yang tak lain bukan orang yang baru di DPRD Kaltim, dan pada Rapat Paripurna tersebut dinilai sudah bekerja bagus.

Rapat Paripurna yang diselenggarakan di Gedung D DPRD Kaltim itu juga resmi membuka masa sidang II, yang agendanya tengah disusun pada rapat Badan Musyawarah pada Selasa (2/5/2023) pagi. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama