Peringatan Hardiknas, Samsun Minta Guru Jangan Dibebankan Persoalan Administratif

Samarinda, Prediksi.co.id- Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun mengatakan di Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas), agar para guru tidak dibebankan urusan administratif dalam pemenuhan kurikulum.

"Sekarang kalau dilihat guru itu banyak beban administratifnya, seperti program merdeka belajar, namanya merdeka belajar tetapi ujung-ujungnya tidak merdeka karena beban administratifnya," ujar Samsun di Samarinda, Selasa (2/5/2023).

Ia mengungkapkan, beban administratif dalam memenuhi tugas kurikulim menurunkan efektifitas mengajar, karena waktu mereka harusnya lebih banyak kepada mendidik siswa. 

Lebih ia menuturkan, bahwa persyaratan administratif kalau bisa ditangani kepada bagian administratif yang khusus, sehingga ada pembagian kerja yang dapat memaksimalkan peran guru untuk mengajar di kelas.

"Namun karena beban administratifnya lebih banyak sehingga guru lebih banyak mengurus beban administratif daripada tugas utamanya mengajar," timpalnya.

Ia mengamati keluhan para guru, sebab waktu mereka tersita untuk mengurus administratif, dan kerap kali tugas sekolah tersebut dibawa ke rumah, jadi seharusnya walaupun ada kewajiban administratif tapi kalau bisa didistribusikan kepada bidang lain kenapa tidak.

Di samping itu, momen Hardiknas membangun spirit meningkatkan SDM menuju Indonesia Emas tahun 2045.

"Pastinya harus dilakukan secara bertahap dan harus segera diwujudkan pola pendidikan kita juga harus betul-betul bisa menciptakan SDM yang mumpuni," ucap Samsun.

Secara khusus untuk kaltim program pendidikan lokal harus berakselerasi, karena menjelang IKN supaya SDM daerah bisa bersaing dengan  yang ada di Jawa ataupun luar Kalimantan lainnya.

"Kita bersaingnya bukan lagi di nasional tetapi dunia internasional," pungkas Samsun. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama