Ketua DPRD Kaltim: Hardiknas Momen Meningkatkan Mutu Pendidikan Daerah

Samarinda, Prediksi.co.id- Ketua DPRD Provinsi Kaltimantan Timur (Kaltim) Hasanuddin Mas’ud menyebutkan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) yang diperingati setiap tanggal 2 Mei, menjadi momentum untuk meningkatkan mutu pendidikan daerah, apalagi menyongsong kesiapan menuju Ibu Kota Negara (IKN).

“Kita menginginkan supaya ke depan kaltim ke depan dalam bidang pendidikan karena cukup banyak anggaran yang diberikan sekitar 20 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kaltim,” ucap Hasanuddin Mas’ud di Samarinda, Selasa (2/5/2023).

Dikemukakannya, Hardiknas itu seyogianya bukan hanya peringatan Ki Hajar Dewantara,  tetapi bisa mengambil hikmah bahwa seorang pendidik itu mempunyai wawasan dan semangatnya.

Lanjutnya, peringatan tersebut hendaknya menumbuhkan komitmen pemerintah daerah memperbaiki sistem pendidikan Kaltim, karena sampai saat ini masih banyak permasalahan pendidikan apalagi di sekolah tingkat SMP dan SMA, seperti misalnya saat penerimaan siswa baru masih kerap ribut terkait penerimaan pelajar.

Pekerjaan Rumah (PR) lain yang perlu diperhatikan adalah kondisi infrastruktur pendidikan, karena masalah bangunan bangunan sekolah yang ditemukan masih ada beberapa yang kurang layak sebagai sekolah negeri.

“Nah sebetulnya dengan nilai APBD yang cukup besar bisa dianggarkan supaya meminimalisir masalah terkait peningkatan mutu pendidikan Kaltim, yang perlu dikejar apalagi menyongsong IKN Nusantara,” tutur Hasanuddin.

Ia juga berharap anggaran pendidikan yang besar tersebut juga memberikan dampak baik kepada nasib guru honorer yang masih belum begitu optimal.

“Kalau bisa guru honorer itu diakomodir, karena mereka adalah garda terdepan dalam mencetak generasi berbudi luhur dan sebagai aktor penting dalam meningkatkan mutu pendidikan lokal,” tandasnya. (Fdi/Le/ADV/DPRD Kaltim)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama