Mampu Hasilkan Ikan Hingga 2 Ton Per Hari, Desa Melintang Jadi Penyuplai Ikan Air Tawar di Kaltim

Foto : Ilustrasi Nelayan di Desa Melintang (Istimewa)

Tenggarong - Banyak dari warga di Desa Melintang, Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang berprofesi sebagai nelayan. Oleh karena itu, Desa Melintang pun mampu menghasilkan ikan hingga 2 ton per harinya. Bahkan hasil tangkapan ikan di Desa Melintang bisa menopang kebutuhan ikan air tawar di Kalimantan Timur (Kaltim). 

Kepala Desa (Kades) Melintang, Muhdi mengatakan bahwa hasil tangkapan nelayan di desanya itu biasanya didistribusikan hingga ke Kabupaten dan Kota di Kaltim.

"Ikan hidup dari sini dikirim rutin setiap hari, rata-rata satu pengepul bisa mengirim ikan 200 kilogram (Kg). Kalo ada 10 orang kan berati ada sekitar 2 ton ikan perharinya," ucap Muhdi, Selasa (2/5/2023). 

Bahkan, Muhdi juga mengaku bahwa saat musim panen ikan tiba, nelayan di desa bisa menghasilkan hingga lima kali lipat dari hasil tangkapan biasanya. Perharinya para nelayan di Desa Melintang bisa menangkap dan menjual ikan hingga 10 ton.

Ikan yang dikirim pun beragam, biasanya ikan dengan harga jual tinggi. seperti Baung, Toma, Patin, lais, hingga ikan puyu. Ikan-ikan itu dijual dengan harga bervariasi, mulai dari Rp. 35 - 100 ribu, per kilogramnya.

"Rata-rata nelayan di sini menjual ke tengkulak lokal, baru nanti dibawa ke Samarinda atau Tenggarong," pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama