Pemkab Kukar Salurkan Bantuan Tandon, Relawan KEREN Kawal Sampai Tuntas

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id – Wakil Bupati Kutai Kartanegara secara langsung memberi bantuan masyarakat di Kecamatan Samboja dan Muara Jawa berupa bantuan tandon.

Hal ini merupakan bantuan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar), wakil bupati terlihat didampingi Camat dan OPD terkait, beserta jajaran pengurus KEREN (Kerabat Rendi Solihin), Minggu (28/5/2023).

Dalam kesempatan tersebut, terdapat dua titik penyaluran bantuan tandon, di antaranya Kelurahan Muara Sembilang, Kecamatan Samboja sebanyak 79 tandon.

Lalu, di Kecamatan Muara Jawa, dibagikan tersebar kepada nelayan dan masyarakat pra sejahtera sebanyak 79 tandon, total terdapat 158 tandon yang diserahkan.

Selain menjadi program Pemkab Kukar, diberikannya bantuan tandon kepada masyarakat tak terlepas dari andil KEREN.

KEREN secara pro aktif turun langsung membantu, mulai dari menghimpun data, membuat proposal, pengajuan ke Pemkab Kukar, hingga akhirnya bantuan tandon diterima masyarakat.

“Kami bantu mulai dari awal proses pengajuan, membuat proposal usulan, lalu kami intens komunikasi dengan kecamatan, hingga kabupatan, dan akhirnya tahun ini dapat terealisasi,” ucap Sekjen KEREN, Rahmat Dermawan.

Ia menilai, program pemberian bantuan tandon sangat tepat sasaran karena menyasar langsung masyarakat yang membutuhkan tempat penampungan air bersih.

Dari hasil pendataan pihaknya, masyarakat di wilayah pesisir Kukar, masih kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, mengingat masih banyak rumah warga yang belum tersambung dengan pipa PDAM, jika pun sudah air masih “byar pet” alias kadang hidup, kadang mati.

“Banyak masyarakat nelayan kita di Kawasan Muara Sembilang Samboja kesulitan air, sehingga butuh wadah penampungan air, baik saat hujan turun atau saat air mati,” tuturnya.

“Begitu juga di Muara Jawa, air sering mati, sehingga mereka butuh tempat penampungan. Khusus di Muara Jawa kami berikan kepada masyarakat pra sejahtera. Semoga bermanfaat untuk semua,” sambung Rahmat.

Sekedar informasi, bantuan tandon untuk warga merupakan salah satu program dalam visi dan misi Kukar Idaman 2021-2026.

Pemkab Kukar telah memulai program bantuan tandon sejak 2022, dengan jumlah tandon yang sudah dibagikan mencapai 700-800 unit. (Le/Kzl)

Post a Comment

أحدث أقدم