Asisten III Setkab Kukar Harapkan BUMDes Dapat Optimalkan Potensi Desa

Foto : Asisten III Setkab Kukar Totok Heru Subroto saat membuka Bimbingan Teknis bagi 117 Bumdes angkatan Pertama.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Asisten III Sekretaris Kabupaten (Setkab) Kutai Kartanegara (Kukar) Totok Heru Subroto meminta kepada seluruh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di Kukar agar lebih jeli dalam memanfaatkan peluang potensi desa sehingga bisa mensejahterakan masyarakat dan berkontribusi bagi desa.

Hal tersebut disampaikannya saat membuka Bimbingan Teknis bagi 117 Bumdes angkatan Pertama yang diselenggarakan oleh Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kukar di Hotel Harris Samarinda, Senin (5/6/2023). 

“Pendirian BUMDes menjadi penting karena bertujuan untuk memeratakan kesejahteraan dibidang perekonomian desa sesuai dengan kebutuhan masyarakat. BUMDes berperan penting dalam rangka memutar roda perekonomian masyarakat desa. Maka BUMDes harus jeli dalam melihat potensi yang ada di desa, serta mampu memetakan potensi tersebut untuk mengembangkan berbagai bidang usaha,” ucapnya.

Totok mengungkapkan bahwa BUMDes memang memiliki kewajiban dalam membantu mengembangkan potensi dan peluang yang ada di desa. 

Selain itu BUMDes juga dinilainya memiliki kewajiban untuk menjalankan usaha, memanfaatkan aset, mengembangkan investasi dan produktivitas, menyediakan pelayanan dan jenis usaha lainnya untuk kesejahteraan masyarakat desa.

“Bimtek bagi Pengurus BUMDes ini sangat penting, dan diharapkan BUMDes yang ada di Kutai Kartanegara dapat menjadi penggerak roda perekonomian masyarakat. Serta mengembangkan daya saing dan daya ungkit masyarakat dalam memberdayakan potensi yang ada di desa. Saya minta para pengelola/pengurus BUMDes aktif mencari informasi dan belajar dari BUMDes serupa yang telah lebih dulu berdiri dan dianggap berhasil dalam pengelolaannya,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama