Bupati Hadiri Panen Jagung Hibrida Perdana di Desa Kota Bangun II

Foto : Bupati Kukar saat menghadiri panen demplot di Desa Kota Bangun II.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Guna memastikan program revolusi jagung berjalan sesuai harapan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kukar membuat demplot atau percontohan untuk melihat kualitas dan kuantitasnya.

Salah satu demplot yang telah berhasil dipanen terletak di Desa Kota Bangun II Kecamatan Kota Bangun Darat.

Bupati Kukar Edi Damansyah menceritakan bahwa pembuatan demplot itu didasarkan pada keraguannya terkait dengan hasil dari demplot yang dibangun pihak ketiga. Dari laporan pihak ketiga tersebut hasilnya hanya 1,3 ton perhektar.

Hasil itu dirasakan kurang maksimal, apalagi pihak ketiga berkesimpulan tidak fisibel pengembangan jagung hibrida di SP I sampai SP VII ini.

“Tapi saya ragu, saya gak percaya, ini pasti ada yang gak beres, pasti ada yang dikerjakan tidak sesuai kaidah – kaidahnya, sehingga kita lakukan demplot ulang,” ucap Edi.

Oleh karena itu, Edi pun kemudian meminta kepada Dinas Pertanian dan BSIP Kaltim agar demplot yang baru dipanen untuk dibuatkan rangkuman bukunya baik dari manajemennya lengkap sampai pada hasilnya.

“Jadi nanti hasil ubinan ini, hasil demplot kita nanti kami gunakan di pemerintah kabupaten untuk disampaikan ke para kepala desa” ungkapnya.

Dari kondisi di lapangan dan hasil demplot yang telah dipanen, Edi berani memastikan dari SP I sampai SP VII cocok untuk pengembangan jagung hibrida.

“Saya kira karakteristik tanahnya tidak jauh beda, persoalannya ada gak yang menanamnya,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama