Bupati Kukar Hadiri FGD Lembaga Adat Desa dan Kelurahan Mitra Pemerintah

Foto : Suasana FGD Lembaga Adat Desa/Kelurahan Mitra Pemerintah.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Bupati Kutai Kartanegara (Kukar) Edi Damansyah membuka langsung Focus Group Discussion (FGD) Lembaga Adat Desa dan Kelurahan (LAD/LAK) dengan mengangkat tema “Peran, Fungsi, dan Tugas LAD/LAK Sebagai Mitra Pemerintah Desa Dalam Perencanaan dan Pembangunan Desa/Kelurahan". 

FGD tersebut berlangsung di Gedung Bela Diri Stadion Aji Imbut Tenggarong Seberang, pada Rabu (14/6/2023).

Dalam kesempatan itu, Edi Damansyah mengatakan bahwa penguatan pembangunan pedesaaan dan kelurahan sebenarnya secara spesifik telah tertuang dalam beberapa program dedikasi Kukar Idaman.

“Dipahami bersama pembangunan desa/kelurahan pada prinsipnya tidak jauh berbeda dengan proses pembangunan di daerah dan nasional, sehingga setiap kebijakan pembangunan yang dilaksanakan di desa/kelurahan diperlukan penyeimbang baik sebagai lembaga control maupun sebagai akselerator dalam proses pembangunan yang lebih efektif,” ucap Edi.

Menurutnya, dalam hal ini LAD dan LAK memiliki peran penting dalam meningkatkan kapasitas dan kualitas pembangunan desa/kelurahan. 

Salah satunya yakni, dengan tidak menghilangkan adat-istiadat yang sudah terbangun dalam kehidupan masyarakat setempat.

“Atas dasar tersebut kegiatan kita hari ini menjadi sangat penting sebagai forum kita bersama untuk menjalin komunikasi dan koordinasi dan menetapkan kebijakan strategis dalam menyediakan dan memperkuat Lembaga Adat yang lebih produktif dalam pencapaian kinerja pembangunan yang lebih baik,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama