Distanak Kukar Sebut 60 Persen Hewan Kurban Dari Peternak Lokal

Foto : Ilustrasi hewan kurban.

Tenggarong, Prediksi.co.id - Untuk mengantisipasi kekurangan hewan kurban menjelang Idul Adha, Dinas Pertanian dan Peternakan (Distanak) Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) memastikan hewan kurban aman. 

Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distanak Kukar, Aji Gazali Rahman mengatakan bahwa hampir seluruh hewan kurban yang ada di Kukar dipasok oleh peternak lokal, sedikitnya kurang lebih sebesar 60 persen. 

"Banyak hewan kurban disuplai dari beberapa kecamatan, seperti Kecamatan Tenggarong, Kecamatan Tenggarong Seberang, Kecamatan Loa Janan, Kecamatan Samboja, Kecamatan Muara Jawa, dan Kecamatan Kota Bangun," ucap Aji saat dikonfirmasi awak media. 

Dirinya memastikan bahwa menjelang Idul Adha, hewan kurban di Kukar dipastikan aman. Distanak Kukar nantinya akan menyediakan sebanyak 4.000 hewan kurban. Terdiri dari sapi 2.500 ekor, dan kambing 1.500 ekor. 

"Selain peternak lokal, 40 persen pasokan hewan kurban lainnya didatangkan langsung dari luar daerah. Seperti Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sulawesi. Untuk Pulau Jawa, Distanak Kukar hanya mengambil kambing saja, tidak untuk sapinya," ungkapnya. 

Menurutnya, mengapa pihaknya lebih memilih pasokan sapi dari NTT dan Sulawesi, yakni lantaran bebas dari Penyakit Mulut dan Kuku (PMK). 

"Hewan ternak dari dua provinsi tersebut dipastikan tak terjangkit penyakit karena sudah mendapatkan suntikan vaksin sebanyak tiga kali sebelum dikirimkan ke luar pulau," pungkasnya. (KLe/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama