Pemkab Kukar Undang Investor Buat Pabrik CPO Skala Kecil, Tersebar di Tiap Kecamatan

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Muhammad Taufik, menerangkan Kabupaten Kukar memiliki potensi yang sangat besar di bidang perkebunan sawit,  dirinya menyebut ada dua sistem perkebunan yang diterapkan masyarakat di Kukar.

Pertama adalah pola plasma, yakni bekerjasama dengan perusahaan intinya. Di mana sawit yang dihasilkan, dijual kembali ke perusahaan kelapa sawit intinya. Kedua,  pola mandiri swadaya, di mana petani swadaya yang bebas menjual Tandan Buah Segar (TBS) pada pihak manapun.

"Dua pola tersebut terbukti  mampu memberikan kesejahteraan bagi masyarakat Kukar dengan penghasilan yang cukup menjanjikan," ungkapnya.

Dirinya bersyukur dengan adanya pabrik-pabrik baru, walaupun tidak memiliki kebun inti sendiri, para petani ini bermitra jual beli TBS dengan masyarakat dan harganya relatif baik.

Dengan potensi yang ada, ia berharap, mampu menarik banyak investor untuk menginvestasikan uangnya dalam bentuk pabrik CPO dalam skala kecil.

"Mengingat banyak kebun sawit masyarakat, yang terbagi di beberapa titik. Sehingga jika pabrik yang didirikan dalam skala kecil, keberadaan pabrik ini bisa lebih menyebar di tiap kecamatan," sebutnya.

“Selain itu kita juga terus mendorong terkait hilirisasi, agar minyak kelapa sawit tadi bisa diolah lagi menjadi minyak makan atau produk-produk turunan lainnya dari CPO,"sambungnya. (Di/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama