Sunggono Hadiri Peresmian Peningkatan SPAM di Loa Janan

Foto : Sekda Kukar saat menghadiri peresmmian Peningkatan SPAM. 

Tenggarong, Prediksi.co.id - Sekretaris Daerah (Sekda) Kutai Kartanegara (Kukar) Sunggono hadiri peresmian peningkatan SPAM Kapasitas 50 Liter/Detik di Desa Loa Janan Ulu, Kecamatan Loa Janan, Kabupaten Kukar Kamis (8/6/2023) siang.

Dalam kegiatan itu, Gubernur Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) juga turut hadir meresmikan langsung peningkatan SPAM. 

Sunggono mengatakan bahwa layanan SPAM Loa Janan bertujuan untuk pemenuhan kebutuhan domestik agar masyarakat menikmati air minum berkualitas dengan harga terjangkau selama 24 jam. Selain itu juga SPAM ini dibangun untuk meningkatkan perbaikan kesehatan masyarakat yang berhubungan dengan air bersih.

“Dengan Peningkatan Sarana Pendukung SPAM dengan Kapasitas 50 liter/detik di Loa Janan ini akan memberi manfaat besar bagi 67.471 jiwa atau 45.840 Sambungan Rumah (SR), Dengan persentase Pelayanan SPAM Kecamatan Loa Janan sebesar 77,49 persen. Mencakup 8 Desa yaitu Bakungan, Batuah, Loa Duri Ilir, Loa Duri Ulu, Loa Janan Ulu, Purwaja, Tani Bhakti serta Tani Harapan,” ucapnya.

Sunggono mengungkapkan, sebenarnya kondisi akses air minum di Kabupaten Kukar pada tahun 2022, sebetulnya sudah tinggi yakni 91 persen akses air minum layak. Hal itu sesuai target yang diharapkan untuk tercapai adalah 100 persen rumah tangga memiliki akses air minum layak.

“Secara kelayakan Kabupaten Kukar sudah tinggi, namun demikian yang menjadi tantangan kedepan adalah meningkatkan akses pada level aman. Sehingga masih diperlukan dukungan dari Pemerintah Provinsi Kaltim,” pungkasnya. (Ki/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama