Produksi Kelapa Kian Menurun, Disbun Kukar Carikan Solusi

Foto : Kadis Disbun Kukar, Muhammad Taufik.

Tenggarong, Prediksi.co.id- Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) diketahui memiliki potensi yang cukup menjanjikan pada sektor perkebunan kelapanya, terutama di kawasan pesisir Kukar. Dalam setahun sektor perkebunan kelapa di Kukar mampu memproduksi hingga 700 ton.

Meskipun punya potensi besar, namun saat ini hasil produksi kebun kelapa di Kukar mengalami penurunan. 

“Faktornya penyebabnya banyak, mulai dari penurunan luas tanam, maupun luas area penanaman. Terutama di Kecamatan Muara Jawa, penurunannya ini mencapai 500 hektare,” ucap Kepala Dinas Perkebunan (Disbun) Kukar, Muhammad Taufik.

Menurut Taufik, faktor penurunan produksi kelapa ini akibat intrusi air laut, apalagi kebanyakan kebun kelapa berada di kawasan pesisir. 

Taufik mengaku saat ini pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kukar untuk mencari solusi permasalahan ini. 

“Ini tidak bisa langsung ditangani oleh perkebunan, karena wilayahnya ini berbatasan dengan wilayah PU,” ungkapnya.

Selain itu, upaya yang terus dilakukan oleh Disbun Kukar yakni melakukan integrasi program serta terus memberikan pendampingan dan bantuan intensifikasi terhadap para petani kelapa.

“Salah satu solusi yang sedang kita upayakan adalah agar bagaimana pintu masuk dan tanggul air laut tersebut bisa dibangun dan diperbaiki,” pungkasnya.

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama