Bersiap! 2024 Tunjangan ASN Kukar Naik

TUNJANGAN NAIK: Ilustrasi ASN (Foto: Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi .co.id- Angin 
segar untuk Aparatur Sipil Negara (ASN) Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar). Pasalnya di 2024 akan ada kenaikan Tunjangan Penambahan Penghasilan (TPP).

Hal tersebut dikemukakan oleh Sekretaris Daerah Kutai Kartanegara, Sunggono, sebelumnya pada Agustus 2023, Pemkab Kukar telah menaikkan TPP seluruh ASN di Kukar.

“Alhamdulillah TPP Etam (kita) itu bisa kita naikkan, karena memang adanya efisiensi belanja,” ujarnya, Jumat (6/10/2023).

Selanjutnya, Sunggono menerangkan, sesuai ketentuan peraturan menteri dalam negeri (Permendagri) tentang besaran belanja pegawai maksimal 30 persen dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).
Disebutkannya, ketika dirinya menjabat menjadi Sekda, APBD Kukar mencapai Rp. 4,6 triliun dengan belanja pegawai sebesar Rp. 1,8 triliun.

Sunggono menegaskan kenaikan TPP tidak ada hubungannya dengan politik, karena tahun 2024 APBD Kukar tembus diangka Rp. 12,4 triliun.

“Jadi kenaikan – kenaikan ini tidak ada unsur politis, ini murni karena APBD Etam meningkat,” tegasnya.

Kenaikan, kata dia lagi, TPP berbasiskan e-kinerja ini dengan skema 60 persen, akan dihitung berdasarkan kinerja dan 40 persen kehadiran atau kedisiplinan ASN.
Kewajiban penerapan e-kinerja ini bagian dari rencana aksi yang telah disepakati dengan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama