Kolaborasi Distransnaker Kukar dan PT Buma Adakan Pelatihan Operator Alat Berat

Foto: Bupati Kukar Edi Damansyah saat bertemu dengan pihak perusahaan, membahas pelatihan.

Kutai Kartanegara, prediksi.co.id- Kutai Kartanegara memiliki banyak perusahaan, tentu kesempatan dan peluang kerja juga semakin tinggi. Untuk itu, Dinas Transmigrasi dan Ketenaga Kerjaan (Distransnaker) Kutai Kartanegara (Kukar) berkolaborasi dengan PT Buma dan PT Biru untuk memberikan pelatihan basic operator kepada 30 anak muda Kukar.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Pemberdayaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja, Distransnaker Kukar, Syarifah Rositah menjelaskan program pelatihan itu bertujuan mengasah skill tenaga kerja anak-anak Kukar.

"Para peserta pelatihan ini akan dilatih dari nol hingga mahir mengoperasikan alat berat dan menjalani magang di PT Biru selama satu tahun. Selanjutnya, mereka akan langsung diterima sebagai Karyawan tetap di PT Buma."ungkapnya.

Rekrutmen, kata dia lagi, yang dilakukan oleh Distransnaker Kukar memprioritaskan masyarakat yang masuk dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS).

"Proses seleksi sendiri masih terus berjalan, dan para peserta akan mengikuti tahap seleksi wawancara yang dilakukan secara daring." Terangnya.

Ini pesertanya 30 anak se-Kukar, 20 orang diseleksi oleh PT Buma dari 3 Kecamatan Lingkar Tambang, yaitu Kenohan, Kembang Janggut dan Tabang. Sedangkan 10 sisanya Distransnaker yang merekrut.

Selanjutnya jika peserta dinyatakan lulus, mereka akan menerima uang saku dari PT Buma selama pelatihan berlangsung. Selain itu, mereka juga akan menerima berbagai fasilitas seperti tempat tinggal dan akomodasi. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama