Bupati Kukar Edi Damansyah Paparkan Strategi Khusus Percepatan Pembangunan Dihadapan Komisi II DPR RI

Foto: Pemkab Kukar bersama Anggota Komisi II DPR RI Dapil Kalimantan.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co id- Bupati Kukar Edi Damansyah memaparkan strategi khusus percepatan pembangunan, dihadapan legislator Senayan yang melakukan kunjungan di Pendopo Odah Etam, Kukar pada Kamis (26/10/2023).

Legislator yang dimaksud adalah rombongan Komisi III DPR RI yang dipimpin oleh Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kaltim, Irjenpol (Purnawirawan) Safaruddin.

Edi Damansyah menjelaskan, Kukar dengan luas 27,263.10 km2, secara administratif terbagi atas 20 Kecamatan, 193 Desa dan 44 Kelurahan dengan jumlah penduduk sebanyak 765.284 jiwa. Berdasarkan kondisi geografis yang luas dan penyebaran penduduk yang tidak merata, maka kondisi pembangunan pun masih perlu digenjot pembangunannya.

Karena itulah, pemkab Kukar memiliki strategi khusus, Pertama, Pemkab Kukar mengoptimalkan peran Pemerintah Desa, dengan meningkatkan alokasi anggaran ke desa melalui kebijakan Bantuan Keuangan Khusus kepada Desa (BKKD).

Pendanaannya, dalam bentuk program Rp50 Juta per RT yang dapat dipergunakan untuk belanja infratsruktur layanan dasar, seperti penyediaan energi listrik pedesaan, penguatan operasional posyandu, dan bantuan lain yang bersifat prioritas daerah.

“Implikasi dari kebijakan ini adalah alokasi transfer ke desa yang meningkat 44 persen dari tahun 2022. Kami pun bangga, banyak Kabupaten Kota lain belajar BKKD Rp 50 Juta per RT ini ke Kukar,” terang Edi Damansyah.

Kedua ialah, menyelenggarakan pelimpahan sebagian kewenangan kabupaten kepada pemerintah kecamatan. Pelimpahan kewenangan ini diiringi dengan alokasi dana kepada kecamatan dan kelurahan.

Sehingga, Camat pun memiliki kewenangan dan anggaran untuk menyelenggarakan tugas dan fungsi OPD yang bersifat sederhana dan dapat dilaksanakan secara berkala pada tingkat kecamatan.

“Kedua strategi ini sekarang telah berjalan dengan baik di Kutai Kartanegara, yang terus diiringi dengan proses evaluasi, perbaikan serta penyempurnaan tata kelola penyelenggaraan agar lebih efektif,” terangnya.

Sementara itu, Anggota DPR RI Komisi III Dapil Kaltim Irjenpol (Purnawirawan) Safaruddin, mengaku bersyukur bisa menyambangi Kabupaten Kutai Kartanegara. Menurutnya, ini merupakan agenda silahturahmi wakil rakyat dengan Pemerintah Daerah hingga Perangkat Desa/Kelurahan dan RT.

Ia pun meminta, agar Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanetara memperkuat pertanian dalam arti luas untuk ketahanan pangan. Mengingat, Kukar saat ini merupalan salah satu penyuplai bahan pangan terbesar di Kalimantan Timur dan Ibu Kota Nusantara (IKN).

“Semua itu tentunya perlu kehadiran pemerintah, untuk mendorong upaya peningkatan hasil pertanian dalam arti luas,” harapnya.

Dalam kunjungan tersebut, Bupati Edi Damansyah didampingi Wakil Bupati Kukar Rendi Solihin, Sekretaris Daerah Kukar Sunggono, sejumlah Kepala Perangkat Daerah, beserta Camat, Kepala Desa/Lurah, dan Ketua RT se- Kabupaten Kutai Kartanegara. (Di/Le/Adv)



Post a Comment

Lebih baru Lebih lama