Desa Sumber Sari dan Potensi Agrowisata, Di DUkung Penuh Bupati Kukar

 

Foto: Kepala Desa Sumber Sari Sutarno

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kukar tersohor sebagai destinasi wisata budaya, kaya dengan tradisinya, tiap tahunnya pun rutin dikunjungi wisatawan baik domestic maupun mancanegara. Pengembangan sektor pariwisata terus dikembangkan, dari perkotaan hingga desa dan kelurahan.

Salah satunya, Desa Sumber Sari di Kecamatan Loa Kulu, yang kini tengah fokus mengembangkan pariwisata dengan tujuan meningkatkan perenonomian warganya. Terdapat Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Dewi Arum, programnya tentang bagaimana mengembangkan wisata alam dan agrowisata.

Ada Puncak Bukit Biru yang terletak di Dusun Taman Arum. Ramai wisatawan berkunjung ke puncak itu, Efeknya bagi warga sekitar roda perekonomian berputar, ada yang menyediakan jasa penitipan motor atau kendaraan pengunjung.

Akhir pekan menjadi waktu yang ditunggu, dipastikan kunjungan ke tempat tersebut meningkat drastis, dari anak muda sampai yang berumur turut ramai berkunjung ke Puncak Bukit Biru, ada camping, ada pula yang hanya menikmati panorama alam dari kawasan ketinggian.

Kepala Desa Sumber Sari, Sutarno  menuturkan Pemerintah Desa Sumber Sari telah menganggarkan tempat camping, telah dikerjakan. Seperti pembuatan tangga naik ke punca.

Ada lagi tempat wisata berikutnya, ini yang menarik, yakni pemanfaatan embung yang akan dibangun dengan konsep agrowisata. Konsep agrowisata muncul karena embung menjadi sumber air untuk sayur-mayur yang ditanam para petani di Sumber Sari.

Sutarno menerangkan dirinya optimistis dengan konsep ini, mampu menjadi daya tarik baru bagi wisatawan untuk datang ke Sumber Sari. Wisata embung, Sutarno menjelaskan saat ini sudah masuk tahap pengerjaan. Sebagian jalan masuk menuju embung pun juga sudah disemenisasi.

“Dua tempat wisata yang kita upayakan, tahun depan sudah bisa kita pasarkan. Kami berharap apa yang kami rencanakan bisa berjalan lancar, sehingga ada dampak ekonomi yang dirasakan oleh masyarakat,” ujar Sutarno.

Pengembangan sektor pariwisata ini sejalan dengan misi ke-3 dari ‘Program Kukar Idaman’, yakni memperkuat pembangunan ekonomi berbasis pertanian, pariwisata dan ekonomi kreatif. Dalam misi ini, ada dua program yang diunggulkan untuk merealisasikan target yang dibuat, di antaranya Program Kutai Kartanegara Kaya Festival (K3F) dan Program Kukar Kukar Kreatif Idaman.

Bupati Kukar Edi Damansyah turut memberikan semangat dan dukungannya kepada Pemerintah Desa Sumber Sari dan Pokdarwis Dewi Arum, sekaligus meminta agar terus konsisten dalam mengembangkan sektor pariwisata. Edi juga mereka untuk terus berinovasi, sebagai upaya untuk membantu Pemkab Kukar mengembangkan sektor kepariwisataan. (Di/Le/Adv)

 

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama