Kaji Pengelolaan Sampah, Brida Fokus di Enam Kecamatan

DIMULAI: Brida Kukar telah memulai seminar untuk riset pengelolaan sampah (Foto: Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Badan Riset dan Inovasi Daerah (Brida) Kutai Kartanegara (Kukar) sedang melakukan sejumlah riset dan penelitian pada 2023 ini. Salah satunya adalah menilai tingkat pengelolaan sampah masyarakat di enam kecamatan di Kukar.

Hal ini dikemukakan Kepala Bidang (Kabid) Ekonomi dan Pembangunan Daerah Brida Kukar, Karno. Dihadapan wartawan dirinya menerangkan sebelum memulai penelitian, kami telah melakukan seminar pendahuluan. Saat ini kami sedang dalam proses penelitian lapangan,” ucap Karno, Kamis (5/10/2023).

Ia menjutkan, sebelum memulai penelitian, Brida Kukar dan sejumlah pihak telah melaksanakan seminar pendahuluan yang mencakup topik pendahuluan penelitian, metodologi penelitian, hingga rumusan masalah.

Dalam kegiatan pendahuluan tersebut, Karno menjelaskan, Brida Kukar meminta masukan dari sejumlah ahli. Seperti pihak Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kukar, dan akademisi dari Jurusan Teknik Lingkungan, Universitas Mulawarman.

“Pwelu ada masukan dari berbagai pihak sebelum melanjutkan penelitian di lapangan,” jelasnya. Mengenai tujuan dari kajian ini, ia menjelaskan pihaknya tengah mencari informasi mengenai pengelolaan sampah di enam kecamatan di Kukar.

Kecamatan tersebut termasuk di antaranya Sanga-sanga, Muara Jawa, Loa Janan, Loa Kulu, Tenggarong, dan Muara Badak.
Selain itu, sebagai penanggungjawab survei, Brida Kukar telah memberikan kepercayaan kepada Universitas Proklamasi 45 Yogyakarta, karena Yogya memilikip pengalaman dalam pengelolaan sampah. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama