Kukar Kredit Idaman Untuk Petani dan Nelayan

Foto: Kepemimpinan Edi-Rendi dinilai memiliki keseriusan tinggi dalam kesejahteraan petani dan nelayan (Ist)

Kutai Kartanegara, Prediksi.co id- Program Kukar Kredit Idaman (KKI) menjadi salah satu program penting dan bermanfaat untuk masyarakat Kukar, kini bisa dinikmati oleh petani, nelayan dan pembudidaya ikan di Kukar. Pelayanan ini diresmikan langsung oleh Bupati Kukar Edi Damansyah pada pembukaan Gerakan Pangan Murah di Kantor Bupati, Senin (16/10).

Program KKI telah berproses membantu UMKM di Kukar sejak 2021. Mekanisme yakni menyediakan pinjaman kredit dengan kelebihan seperti tanpa agunan dan cicilan nol persen. Kini, di 2023 ini giliran petani dan nelayan bisa memanfaatkannya.

Hal ini merupakan hasil kerja sama Pemkab Kukar dengan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) dan Bankaltimtara yang nantinya disuport oleh Jamkrida Kaltim.

"Kami ingin memberikan penguatan dalam akses permodalan yang selama ini menjadi salah satu kendala di lapangan. Yaitu seringnya mereka tersandung permasalahan dengan rentenir terkait modal tersebut," beber Edi Damansyah.

Program ini, kata Edi, perlu menjangkau petani. Mengingat potensi pertaniannya yang sangat tinggi. Dan fokus pemerintah mengembangkan sektor tersebut. Sebesar 42 persen dari total produksi gabah kering giling di provinsi Kaltim berasal dari Kukar. Dan 80 persen produksi kelautan dan perikanan kaltim berasal dari Kabupaten Kukar.

Pemohon kredit dapat mengajukan hingga maksimal Rp 50 juta atau sesuai hasil analisis di lapangan oleh Bankaltimtara. Selanjutnya, jangka waktu kredit maksimal sampai dengan 36 bulan dan pembayaran angsuran pokok kredit dapat dilakukan dengan pola setiap panen atau setiap produksi secara periodik sesuai dengan batas waktu akhir pengembalian.

"Kami yakin Kredit Kukar Idaman ini dapat terselenggara dengan baik yang diiringi dengan proses pengendalian dan evaluasi yang terus menerus bagi perbaikan kualitas layanan oleh Pemkab Kukar dan Bankaltimtara," pungkasnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama