Pemkab Kukar Kucurkan Rp 2,5 M untuk Rehabilitasi 17 Dermaga

Foto: Salah satu dermaga dipercantik, salah satu tujuannya sebagai pendukung daya tarik wisata.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara terus melakukan perawatan, terhadap aset-aset yang dimilikinya, salah satunya adalah dengan merehabilitasi sejumlah dermaga.

Anggaran senilai Rp2,5 Miliar disiapkan Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) melalui Dinas Perhubungan.

Kepala Dishub Kukar, Junaidi menuturkan, pembangunan dan perawatan dermaga tersebut bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kutai Kartanegara 2023.

Menurutnya, Kukar dengan wilayahnya yang luas, dan terdapat daerah pesisir, hulu sungai Mahakam serta danau-danau, maka dermaga merupakan tempat  penting bagi masyarakatnya. 

Selain berfungsi sebagai tempat singgah maupun menambatkan kapal, dermaga juga memperkuat sektor pariwisata di beberapa desa yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara.

“Kita sudah memprogramkan untuk dermaga umum maupun wisata. Baik itu pembangunan maupun pemeliharaan,” kata Junaidi, Rabu (25/10/2023).

Dalam catatannya, ada 17 dermaga yang akan dibangun, di antaranya adalah Dermaga Apung Desa Teluk Muda, Kelurahan Tama Pole; dan pembangunan Halte Sungai di beberapa desa seperti Liang, Separi, dan Tanjung Batu.

Adapun beberapa proyek lain termasuk pembangunan dan pengembangan Dermaga di Kota Bangun dan Dermaga di Pasar Muara Muntai Ulu.

“Fasilitas ini memang diperlukan sebagai kebutuhan masyarakat hulu dan pesisir, apalagi di pesisir mayoritas profesi nelayan,” pungkasnya.

Sedangkan untuk pemeliharaan, ada delapan dermaga. Di antaranya, Dermaga Kutai Lama, Dermaga Sebulu Modern, dan Dermaga Wisata Tanjung Serai. Rehabilitasi dermaga ini juga akan dilakukan di beberapa lokasi, termasuk Jembatan Dermaga Muara Muntai. (Di/Le/Adv).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama