Soal Penilaian Indeks Profe­siaonalitas ASN, Sunggono: Ini Jadi Perhatian Bersama

Foto: Sekda Kukar Sunggono.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sekretaris Daerah (Sekda) Kukar, Sunggono memimpin rapat koordinasi manaje­men kepegawaian dan penguatan pe­nilaian Indeks Profe­siaonalitas Aparatur Sipil Negara (ASN), berlokasi di Hotel Novotel Kota Balikpapan. Beberapa waktu lalu.

Sunggono dalam penyampaiannya, masyara­kat menuntut pemerintah memberikan pelayanan publik yang prima, akuntabel dan bersih. Terlebih di era reformasi birokrasi, pemerintah harus miliki akunt­abilitas kinerja yang baik, transparan dan mampu mendapatkan kepercayaan pub­lik, serta peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM).

Untuk itulah, perlu dilakukan perbaikan dari sisi manajemen pegawai. Kemudian para pegawai dapat mengikuti perkembangan organisasi yang kompeti­tif dalam mewujudkan ASN profesional.

“Profesionalitas ASN merupakan kunci keberhasilan ASN dalam melak­sanakan fungsinya sebagai pelaksana kebijakan publik, pelayan publik, serta perekat dan pemersatu bangsa,” kata Sunggono.

Pengu­kuran Indeks Profesionalitas aparatur sipil negara perlu dilakukan, untuk melihat sejauh mana perkembangan tingkat profesionalitas­nya. "Cara pengukurannya dengan krite­ria kesesuaian kualifikasi, kompetensi, tingkat kinerja, dan kedisiplinan pegawai dalam melaksanakan tugas jabatannya." Terangnya 

Hal tersebut bisa mempermudah saat melakukan pemetaan jabatan sehingga saat adanya promosi, mutasi dan demosi tak terlu terjadi debatable.

Karena, menurutnya, pada  listing Nilai Indeks In­stansi di Wilayah Kerja Kantor Regional VIII BKN Banjarmasin Per 18 September 2023. Indeks Profesionalisme ASN di Kukar belum sesuai harapan.

"Ini men­jadi perhatian bersama. Dan jangan dibebankan segalanya kepada Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sum­ber Daya Manusia (BKPSDM) sebagai leading sektornya."jelasnya. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama