Desa Jembayan dan Tiga Situs Bersejarahnya Potensi Berkembang Menjadi Desa Wisata

Foto: Situs bersejarah Makam raja Kutai Kartanegara. 

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kutai Kartanegara Masyhur dengan tradisi budaya dan sejarahnya, ini merupakan magnet besar destinasi wisata di Kukar, 

Seperti yang ada di Desa Jembayan, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur, terdapat  tiga situs sejarah yang menarik untuk dikunjungi bak mutiara cantik yang perlu dipoles saja.

Ada Makam Raja Kutai Kartanegara, Makam ulama Aulia Habib Abdurrahman dan situs bunker Jepang. Ketiga situs sejarah ini patut dibanggakan, karena rangkaian sejarah peradaban masa lalu, terukir disini.

Sekretaris Desa Jembayan, Jamli menuturkan 
keinginan masyarakatnya untuk membuat Desa Jembayan menjadi desa wisata yang unik dan berbeda. Karena selain memiliki nilai sejarah juga nilai religi yang luar biasa. 

"Kami juga ingin menjaga dan melestarikan warisan budaya dan sejarah kami," ungkapnya.

Makam Raja Kutai Kartanegara misalnya, adalah situs kerajaan tertua di Indonesia yang masih terawat secara baik. Ada lagi, Makam ulama Aulia Habib Abdurrahman merupakan makam seorang ulama besar yang menyedot banyak orang untuk berziarah.

Yang berbeda adalah, Bunker Jepang adalah situs peninggalan Perang Dunia II yang masih asli. 

Melihat itu, pemerintah desa Jembayan pun merasa perlu untuk mengembangkan ketiga situs sejarah ini menjadi destinasi wisata edukasi yang menarik bagi wisatawan lokal dan asing.

Ketika banyak pengunjung, desa ini dapat meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakatnya. Ada multiplier efek yang bermanfaat 

"Pemerintah desa terus berupaya untuk merawat dan mempercantik situs-situs sejarah ini. Kami berharap situs-situs sejarah ini dapat menjadi sarana edukasi sejarah bagi pelajar dan masyarakat di Kukar." Terangnya.

Program pengembangan wisata di Jembayan ini kata dia lagi, perlu dukungan dari semua pihak, tak hanya dari pemerintah, masyarakat pun dinilai perlu untuk menjaga dan mengembangkan daerahnya, agar menarik banyak orang untuk datang. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama