Jelang HBKN dan Tahun baru, DPRD Kaltim Ingatkan Pemprov Siapkan Stok Beras

 




Samarinda, Prediksi.co.id – DPRD Kaltim mengingatkan Pemerintah Provinsi pastikan stok beras jelang Hari Besar Keagamaan Nasional (HBKN) Natal dan menjelang tahun baru tercukupi.


Wakil Ketua DPRD Kaltim Muhammad Samsun berucap,”Saat ini yang perlu diprioritaskan  adalah ketersediaan stok beras menjelang perayaan Natal dan Tahun Baru, karena daya konsumtif  masyarakat meningkat  dan juga salah satu kebutuhan primer " kata Samsun.


Politisi PDIP itu mendorong Badan Urusan Logistik (Bulog) untuk mewacanakan dan  merancang strategi yang efisien guna memenuhi kebutuhan masyarakat di Kaltim.

 

Samsun menekankan bahwa langkah-langkah antisipasi harus dilakukan secara berkelanjutan, bukan hanya terkait dengan perayaan-perayaan khusus seperti lebaran atau Natal.

 

"Keberlanjutan pasokan pangan sepanjang tahun perlu menjadi skala prioritas, dikarenakan kebutuhan primer masyarakat" jelasnya.

 

Meskipun Kaltim selama ini sering mendatangkan beras dari luar wilayah ketika stok menipis, namun katanya fokus utama harus selalu diberikan pada produksi beras lokal.

 

"Produksi beras lokal mampu memenuhi kebutuhan masyarakat secara berkelanjutan dan merupakan langkah yang diperlukan untuk memastikan ketersediaan beras yang stabil di wilayah Kaltim," paparnya.

 

 Samsun juga menyarankan beberapa upaya guna mendorong para petani menghasilkan pangan berkualitas.

 

Diantaranya petani perlu diberikan edukasi yang berkala  mengenai teknik pertanian modern, penggunaan pupuk organik, dan praktik-praktik berkelanjutan.

 

Ia mendorong pemerintah harus memastikan petani memiliki akses ke teknologi pertanian terbaru, seperti sistem irigasi yang efisien dan varietas unggul.

 

"Langkah lain yang tak kalah penting tentunya mengupayakan pasar yang stabil dan adil bagi petani agar mereka dapat menjual hasil panen dengan harga yang layak," jelas Samsun.

 

"Dengan langkah yang terstruktur dan edukasi yang tepat maka pencapaian kemakmuran dan kesejahteraan disetiap daerah akan terlaksana," pungkasnya. (Wo/Le/Adv DPRD Kaltim).

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama