Kecamatan Samboja Siap Berkontribusi Sebagai Pemenuhan Lumbung Pangan Kaltim

 

Foto: Camat Samboja Damsik

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Kukar sebagai lumbung pangan Kaltim bukan isapan jempol, ini dibuktikan dengan seksinya sektor pertanian yang ada di Kukar, sebut saja Kecamatan Samboja di Kabupaten Kukar yang memiliki potensi besar di bidang pertanian, belum lagi daerah ini terkenal dengan produsen ikan lautnya.

Pemerintah Kecamatan Samboja juga terus berupaya dalam peningkatan kualitas sektor pertanian ini, menyokong pangan bagi Kalimantan Timur (Kaltim) dan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara secara khusus.

Camat Samboja, Damsik, menguraikan bahwa kecamata Samboja banyak melakukan berbagai Langkah peningkatan kualitas sektor pertanian di Kecamatan Samboja.

Salah satunya adalah dengan merawat dan memperbaiki waduk Samboja yang menjadi sumber irigasi bagi lahan pertanian masyarakat.

“Ini menjadi tanggung jawab kami untuk menjaga kawasan waduk itu. Karena disitu mayoritas petani,” kata Damsik saat dihubungi wartawan pada Rabu (1/11/2023).

Waduk Samboja, Damsik menerangkan, terletak di antara Kelurahan Wonotirto, Tanjung Harapan, dan Desa Karya Jaya ini tidak hanya berperan sebagai fasilitas irigasi pertanian, tetapi juga sebagai kawasan resapan air saat musim penghujan.

“Kami berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan di sekitar waduk Samboja. Salah satu cara yang dilakukan adalah dengan menetralisir kawasan tersebut dari kegiatan penambangan batubara ilegal yang merusak ekosistem.”jelasnya.

“Kami juga telah menginstruksikan kepada seluruh Kepala Desa dan Lurah untuk segera melapor jika ada aksi penambangan batubara ilegal di sekitar lokasi Waduk Samboja. Jika ada penambang liar di sekitar waduk itu disampaikan ke kecamatan,” ujar Damsik. (Di/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama