Lestarikan Bahasa Lokal, Pemkab Kukar Adakan Festival Bahasa Ibu

Foto: Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara Bidang Pemerintahan dan Kesra Didi Ramyadi.

Kutai Kartanegara, Prediksi.co.id- Sebagai wujud perlindungan bahasa dan sastra daerah, untuk menciptakan ruang kreativitas dan kebebasan bagi generasi muda dalam merawat bahasa daerah, Pemerintah Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur menggelar festival bahasa ibu bertajuk Festival Tunas Bahasa Ibu (FTBI) Kukar 2023 sebagai upaya melindungi bahasa daerah agar tidak terkikis bahasa asing.

Hal ini dikatakan oleh Staf Ahli Bupati Kutai Kartanegara Bidang Pemerintahan dan Kesra Didi Ramyadi di Tenggarong, Jumat (3/11/2023).

FTBI Kukar 2023 ini  ini masih berlangsung sejak dibuka Kamis (2/11/2023) di SMPN 1 Tenggarong. Pesertanya  merupakan kalangan pelajar tingkat SD dan SMP se-Kabupaten Kutai Kartanegara.

Hal ini dilakukan untuk menanamkan kecintaan menggunakan bahasa sejak usia dini, sehingga mereka saat dewasa mendatang tetap menggunakan bahasa daerah dalam keseharian.

Kategori yang dilombakan dalam festival dua hari itu, antara lain seni mendongeng, betarsul (pantun dengan lagu), menyanyi lagu daerah, dan seni belocoan (bercanda).


"Mempelajari dan menguasai bahasa asing tidak salah, namun menjaga kearifan lokal dan identitas bangsa merupakan kewajiban warga yang berbudaya dan mencintai tanah air."ungkapnya. (Yo/Le/Adv)

Post a Comment

Lebih baru Lebih lama